Begini Panduan Orang Tua Awasi Anak di Instagram

Ilustrasi anak berselancar di dunia maya (Pictagram)
08 September 2018 21:30 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Instagram menjadi media sosial terpopuler yang diakses semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Berbagai konten menarik bisa ditemukan dengan mudah di Instagram. Terkadang, konten di Instagram yang belum cocok ditonton anak-anak membuat sejumlah orang tua khawatir.

Tetapi, kini para orang tua tidak perlu terlalu khawatir lagi memberikan kebebasan kepada anak-anak mengakses Instagram. Pihak pengembang aplikasi tersebut memberikan pedoman khusus yang dapat dimanfaatkan orang tua untuk mengawasi anak-anak mengakses Instagram.

Dengan panduan tersebut, orang tua bisa mengatur interaksi, privasi, dan durasi anak mengakses Instagram. Secara umum, pedoman tersebut membantu orang tua memahami bagaimana cara kerja Instagram.

Dikutip dari Slash Gear, Sabtu (8/9/2018), Instagram memberlakukan batas usia minimal pemilik akun adalah 13 tahun. Jadi, anak-anak di bawah usia tersebut otomatis tidak bisa memiliki akun pribadi. Sementara bagi remaja berusia 13 tahun ke atas biasanya memakai Instagram untuk membagikan berbagai aktivitas.

Bagi para remaja, akun Instagram biasa dipakai sebagai tempat untuk menunjukkan eksistensi diri. Namun, terkadang para remaja itu mengakses Instagram sampai lupa waktu. Jadi, pedoman khusus yang diluncurkan Instagram untuk membantu orang tua mengawasi anak-anak berselancar bakal cukup membantu.

Pedoman tersebut mencakup informasi tentang cara mengatur kolom komentar, memblokir interaksi dengan pengguna asing, menyaring komentar, serta melihat aktivitas online si anak. Orang tua juga bisa memblokir akun yang dianggap tidak layak diikuti si anak.

Semua informasi yang dibutuhkan bisa diakses dalam menu tentang Instagram di aplikasi. Pelajari terlebih dahulu ketentuan dari Instagram sebelum mengizinkan si buah hati membuat akun dan berselancar.

Tokopedia