Startup Kita: Tips Marketing Bisnis Cari Klien

Ilustrasi marketing bisnis
10 September 2018 07:00 WIB IDSF Solo Teknologi Share :

StartupKita merupakan hasil kerja sama Solopos.com dengan Indonesia Start Up Founder (IDSF) Chapter Solo. IDSF Solo merupakan komunitas yang beranggotakan pegiat start up di wilayah Soloraya.

Solopos.com, SOLO  -- Dalam berbisnis salah satu faktor penting sukses tidaknya sebuah bisnis terletak pada cara mendapatkan klien. Sebagus apapun produk atau layanan yang kita punya, tapi tidak ada klien yang tertarik dengan bisnis kita, maka lama –kelamaan bisnis kita bakal gulung tikar.

Berikut ini akan saya jabarkan tips marketing untuk mendapatkan customer pertama Anda:

Tentukan target market Anda

Jangan bilang bahwa target market dari bisnis anda adalah semua orang, itu terlalu luas, coba buat kategori. Misalnya target market anda, anak segmen anak muda, mereka yang memiliki hobi sepakbola, dan suka dengan kesehatan. Dan semakin spesifik target market anda, maka anda lebih mudah untuk dapatkan customer pertama anda.

Ingat bisnis Anda harus punya merk atau nama

Untuk dikenal oleh  target market anda, bisnis anda harus memiliki nama atau merk. Bayangkan jika semua air mineral yang sekarang diproduksi, semua tanpa memiliki merk. Pasti kita akan bingung untuk menyebutkan air mineral yang kita sukai. Dan biasakan cari nama yang mudah dihafal dan mudah dalam penyebutannya, itu bakal mempermudah marketing anda ke target market anda.

Miliki Value dalam produk atau layanan Anda

Agar marketing anda bisa sukses. Jangan mengabaikan value produk atau layanan anda. Hal inilah yang bakal membedakan bisnis anda dengan kompetitor, anda memang harus riset mengenai produk atau layanan dari kompetitor anda yang bisa anda tambal kekurangannya, dan anda juga bisa riset ke target market anda mengenai kebutuhan dan masalah yang mereka hadapi. Proses ini jika berhasil anda lalui, marketing anda bisa jauh lebih mudah.

 Gunakan cara marketing online (hanya ketika target market anda melek internet )

Cara ini bisa anda gunakan ketika target market anda memang paham dunia internet. Anda bisa menganalisa atau survei, kembali ke tips no 1 tadi bahwa misalnya target market anda sebenarnya suka mencari info di website atau social media tidak ?

Jika iya ini kesempatan anda untuk mendekati mereka dengan content marketing. Anda bisa membuat blog atau membuat content gambar atau video yang bisa mendekatkan anda dengan target market anda. Dengan begitu, mereka bisa mengetahui keberadaan bisnis anda, dan ketika mereka sudah tahu, anda bisa memperkenalkan produk atau layanan ke mereka.

Jangan hanya dipikirkan tapi DO IT

Setiap hal itu memang butuh perencanaan, jadi setelah berencana, langsung segera dilakukan. Nah ketika anda sudah menjalankan strategi marketingnya, anda akan tahu kekurangan strategi marketing anda dimana, disaat itulah anda bisa memperbaiki lagi.

Itulah 5 tips yang bisa saya sampaikan diartikel ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa…  

 Ditulis oleh : Bashid H. Purnomo, Pengurus ID StartupFounder Nasional (startupfounder.id ), Executive partner di micro.web.id , Pendiri studio desain Oemahsemar, email : bashidheryp@gmail.com

Tokopedia