10 Tahun Android Dominasi Pasar Smartphone Dunia

Logo Android (Android.com)
25 September 2018 05:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Sistem operasi Android memasuki usia ke-10 pada Minggu (23/9/2018). Sistem operasi besutan Google yang diluncurkan pada 23 September 2008 itu telah berkembang pesat. Belum lama ini, Google mengumumkan peluncuran Android terbaru, 9.0 yang diberi nama Pie.

Perjalanan Android menjadi sistem operasi paling dominan di pasar smartphone memang tidak mudah. Jika ditilik ke belakang, Android generasi pertama masih banyak kekurangan. Pada awalnya, Android didesain mirip Blackberry sebelum Apple meluncurkan Iphone layar sentuh.

Dikutip dari Tech Crunch, Senin (24/9/2018), Google memang sengaja membuat sistem operasi terbuka untuk menjawab tantangan ponsel Internet pada 2008 silam. Ponsel HTC Dream menjadi yang pertama mendukung Android. Ponsel itu dirilis pada 22 Oktober 2008 dengan Android versi 1.1 yang masih jauh dari sempurna.

Fitur ponsel itu juga belum sekaya smartphone Android saat ini. Dulu, toko aplikasi Android diberi nama Android Market. Kini, namanya diubah menjadi Google Play Store. Di awal kemunculannya, Android belum memiliki kode nama spesifik. Adapun nama Android 1.1 adalah Petit Four. Pengembang merasa penyebutan itu bakal menyulitkan sehingga membuat nama Android yang lebih mudah diingat.

Tradisi menggunakan nama Android sesuai urutan alfabet dimulai pada 2009. Adapun nama pertama yang dipakai adalah Cupcake untuk Android 1.5. Penamaan Android dengan nama makanan penutup (dessert) dibuat oleh Ryan Gibson yang kala itu menjabat sebagai manajer.

Seiring berjalannya waktu, Android menjadi sistem operasi yang mendominasi pasar smartphone dunia. Berbagai vendor smartphone memilih membuat produk yang mengembangkan sistem operasi Android. Sebab, sistem operasi tersebut diberikan gratis oleh Google.