Youtube Desktop Kini Punya Fitur Mini Player

Ilustrasi Youtube Mini Player. (Istimewa)
02 Oktober 2018 07:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Teknologi Share :

Solopos.com, NEW YORK - Youtube menambahkan fitur baru untuk versi dekstop. Fitur ini adalah Youtube Miniplayer yang memungkinkan pengguna untuk memutar video dengan ukuran yang lebih kecil. Fitur baru di dekstop ini sebelumnya telah tersedia dalam versi di smartphone.

Dilansir laman Ghacks, Senin (1/10/2018) ikon baru tersebut berada di antara ikon Pengaturan dan ikon Tampilan Default di antarmuka pemutar (yang baru-baru ini diubah ukurannya oleh YouTube).

Lalu, arahkan kursor mouse ke ikon untuk mendapatkan keterangan alat dan klik atau ketuk ikon untuk mengaktifkan pemutar dan beralih dari tampilan reguler ke mode tampilan khusus.

Youtube menampilkan pemain yang lebih kecil di sudut kanan bawah layar saat fitur diaktifkan. Dengan fitur ini, pengguna dapat menelusuri halaman, misalnya halaman hasil pencarian dan juga membuka beberapa halaman di YouTube tanpa kehilangan akses ke pemutar mini.

Pengguna juga dapat menjalankan pencarian atau membuka sebagian besar halaman di Youtube, sementara Miniplayer memutar video.Selanjutnya, cukup klik pada video di antarmuka miniplayer untuk menampilkannya dalam mode tampilan reguler kembali.

Namun sayangnya, antarmuka miniplayer sangat terbatas. Pengguna dapat melakukan opsi memutar/menjeda, memutar ulang, dan memuat video berikutnya, tetapi untuk mengatur volume, kualitas, atau beralih subtitle pengguna harus kembali ke antarmuka reguler untuk melakukan perubahan ini.

Selain itu, Miniplayer Youtube tidak menawarkan opsi untuk mengubah ukuran video atau memindahkan tampilan video dari lokasi kanan bawah ke lokasi lain di layar.

Miniplayer di Youtube berfungsi di banyak peramban modern. Pilihannya tidak terbatas pada Chrome tetapi juga tersedia di Microsoft Edge, Vivaldi dan Mozilla Firefox di antara browser lain yang tidak dibuat oleh Google.