Tak Bisa Diakses, Tagar #InstagramDown Menggema

Instagram down
03 Oktober 2018 15:30 WIB Mia Chitra Dinisari Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO - Aplikasi media sosial Instagram tak bisa diakses atau eror sejak Rabu (3/10/2018) siang. Down sistem ini terjadi di seluruh dunia, dan dirasakan semua pemakai media sosial tersebut.

Netizen pun mengeluhkan down-nya sistem Instagram di akun Twitter mereka. Ditilik Solopos.com, Rabu pukul 15.10, tagar #InstagramDown menjadi trending topic Twitter Indonesia. 

Instagram saat dibuka di komputer, maka akan muncul tulisan 5xx Server Error. Sedangkan jika membuka di ponsel, akan muncul notifikasi couldn't refresh feed.

Ini bukan kali pertama aplikasi tersebut down. Sebelumnya, Instagram pernah mengalami beberapa kali down, dengan durasi waktu beragam.

Putri Dewanti, Communication Lead Facebook Indonesia mengatakan down nya sistem instagram ini memang terjadi secara global. Dia mengatakan sistem eror sudah sekitar 30 menit hingga pukul 15.00 WIB.

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.