Akun Terhubung Facebook Tak Bisa Diretas

Ilustrasi Facebook. (Istimewa)
04 Oktober 2018 07:10 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, NEW YORK - Facebook mengalami kasus peretasan pada 50 juta akun para penggunanya belum lama ini. Perusahaan pun memberikan pembaruan lebih lanjut mengenai insiden tersebut. Pihaknya mengatakan jika saat ini tengah melakukan penyelidikan dan mencoba menawarkan jaminan kepada penggunanya.

Dilansir Beta News, Rabu (3/10/2018), Facebook menegaskan bahwa hacker tidak dapat mengakses akun lain yang terhubung dengan Facebook, serta sistem yang memungkinkan untuk masuk ke akun dan layanan lain dengan kredensial Facebook.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Presiden Manajemen Produk, Guy Rosen dalam postingan blognya. "Kami sekarang menganalisis log kami untuk semua aplikasi pihak ketiga yang dipasang atau masuk selama serangan yang kami temukan minggu lalu. Investigasi itu sejauh ini tidak menemukan bukti bahwa penyerang mengakses aplikasi apa pun menggunakan Login Facebook," lanjutnya.

Rosen juga menjelaskan jika pengembang yang menggunakan SDK Facebook dan semua orang yang secara teratur memeriksa validitas token akses pengguna mereka akan secara otomatis dilindungi ketika Facebook mereset akses orang.

Akan tetapi, Facebook juga tak menampik jika peretasan akun lain juga akan terjadi di bawah kendali Facebook. 

"Namun, karena sangat berhati-hati, karena beberapa pengembang mungkin tidak menggunakan SDK kami atau secara teratur memeriksa apakah token akses Facebook valid. Kami sedang membangun alat untuk memungkinkan pengembang mengidentifikasi secara manual pengguna aplikasi mereka yang mungkin terpengaruh, sehingga mereka dapat mencatatnya," kata dia.

Penyelidikan terus berlanjut dan Facebook mengatakan akan memberikan pembaruan lebih lanjut.

Sumber : Suara