Pengguna Whatsapp Android Bisa Nonton Video Sambil Chatting

Ilustrasi chatting di Whatsapp (Solopos.com/Dok)
07 Oktober 2018 05:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Whatsapp menghadirkan fitur picture in picture untuk pengguna Ios pada Mei 2018 lalu. Kini, pengguna Android juga bisa ikut mencicipi fitur tersebut. Fitur Picture in picture (PiP) memungkinkan pengguna Whatsapp menonton video dari Instagram, Facebook, dan Youtube, saat sedang online melalui smartphone.

Sederhananya, pengguna Whatsapp tidak akan digiring ke laman Youtube, Facebook, maupun Instagram saat dikirimi link video oleh teman. Dengan sekali klik, video tersebut bakal langsung terbuka di jendela kecil yang tidak mengganggu aktivitas online di Whatsapp. Jadi, pengguna tetap bisa chatting meski tengah menonton video.

Namun, tidak semua video di media sosial mendukung Pip. Hanya video yang tampil di lini massa saja yang dapat tampil di layar kecil Whatsapp. Sementara video yang tidak berada di lini massa belum bisa diputar di jendela kecil Whatsapp. Sebab, fitur PiP di Whatsapp Android dirilis dalam versi beta.

Dikutip dari NDTV, Sabtu (6/10/2018), cara menggunakan fitur PiP di Whatsapp Android sangat mudah. Cukup bagikan tautan video dari Instagram, Facebook, maupun Youtube yang menarik ketika mengobrol dengan teman. Selanjutnya, Anda tinggal menekan tautan tersebut untuk memutar video tersebut.

Ada sedikit perbedaan dalam cara kerja PiP di Whatsapp Android dan Ios. Video akan berhenti secara otomatis saat pengguna Android menutup jendela obrolan dengan teman yang membagikan tautan video tersebut. Sementara bagi pengguna Ios, video tersebut tidak akan berhenti meski jendela obrolan telah ditutup. Video akan berhenti ketika disetop oleh pengguna.