Sama-Sama Aplikasi Chatting, Apa Yahoo Together dan Whatsapp?

Yahoo Together. (Istimewa)
09 Oktober 2018 07:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Teknologi Share :

Solopos.com, NEW YORK - Setelah menutup Yahoo Messenger pada 17 Juli lalu, Yahoo mengatakan sedang mengembangkan aplikasi chatting baru pesaing Whatsapp, bernama Squirrel. Sempat uji coba beta, kini Yahoo mengumumkan jika Yahoo Squirrel resmi meluncur dengan nama Yahoo Together.

Aplikasi Yahoo Messenger sejak diluncurkan pertama kali menjadi aplikasi yang cukup populer. Namun, seiring berjalannya waktu dan berbagai aplikasi bermunculan Yahoo Mesenger semakin menyusut, untuk itu Yahoo telah menghentikannya.

Dilansir Ubergizmo, Kamis (4/10/2018), Yahoo telah merilis aplikasi baru yaitu Yahoo Together yang sudah tersedia di IOS dan Android. Yahoo Together hadir dengan tampilan baru lebih kekinian yang memungkinkan Anda untuk mengirim pesan ke teman, keluarga atau mitra kerja.

Aplikasi ini dikembangkan oleh tim yang sama dengan pengembang Yahoo Messenger. Karena menjadi versi resmi dari Yahoo Squirrel, basis keduanya masih sama dengan membawa sejumlah fitur kombinasi dari aplikasi perpesanan dan fungsi obrolan grup.

Lantas, apa bedanya dengan Whatsapp? Perbedaan utamanya adalah cara mudah mengelola grup melalui platform mobile. Sistem undangan grup pun dibuat lebih rahasia, tanpa harus menyimpan kontak nomor atau e-mail yang akan diundang, layaknya Whatsapp.

Pengguna cukup membagikan tautan ke orang-orang tertentu dengan membagikan kode melalui platform chat lain. Fitur-fitur di dalamnya memudahkan pengguna mengobrol dengan anggota grup berdasarkan topik tertentu, layaknya aplikasi pesan instan Slack.

Hal ini bertujuan untuk mengelompokan percakapan khusus, agar tidak tercampur dengan percakpan di luar topik lain yang sering kali mengganggu. Tangkapan layar cara mengundang grup di aplikasi Yahoo Together dan beberapa fitur di dalam ruang obrolan grup.

Selain mengobrol beradasarkan topik tertentu, pengguna juga bisa mengirim pesan langsung secara pribadi. Dari pengamatan KompasTekno yang menjajal aplikasi ini, beberapa fitur serupa dengan Whatsapp, seperti membagikan foto, GIF, dan reaksi ke sesama anggota grup.

Agak sedikit berbeda, pada fitur reaksi pengguna bisa membuat sendiri reaksinya. Pengguna juga bisa mencari percakapan lama yang tertimbun. Selain itu, notifikasi juga bisa disenyapkan jika merasa terganggu dengan rentetan pemberitahuan grup.

Ada juga fitur Broadcast/Siaran yang digunakan untuk memastikan pengumuman penting untuk semua anggota grup. Tak hanya foto, pengguna juga bisa mengirim dokumen atau tautan.