Pengamat Prediksi Harga Iphone 2019 Lebih Murah, Ini Alasannya

Deretan Iphone terbaru. (Istimewa)
15 November 2018 08:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Teknologi Share :

Solopos.com, CUPERTINO - Iphone merupakan salah satu smartphone termahal yang ada di dunia untuk saat ini. Ketika masuk Indonesia, Iphone XS Max saja harganya bisa menyentuh angka Rp 28 juta. Namun, tradisi harga meroket dari Iphone diharapkan tidak berlanjut di tahun mendatang.

Pasalnya, menurut analis Apple papan atas yakni Ming-Chi Kuo, Iphone yang rilis pada 2019 nanti akan mengusung teknologi antena yang sedikit berbeda. Pada 2018, tiga buah Iphone besutan Apple yakni Iphone XS, XS Max, dan XR, semuanya menggunakan enam buah antena berbasis Liquid Crystal Polymer atau LCP.

Menurut Kuo, di 2019, antena LCP hanya digunakan dua buah, sementara 4 buah lagi menggunakan teknologi Modified Polymide atau MPI. Sang analis menyebut bahwa pergantian material antena dari LCP memiliki alasan kuat.

Pertama, LCP cukup sulit diproduksi dan rapuh. Kedua, LCP memiliki biaya produksi yang cukup mahal. Sebaliknya, antena berbasis MPI lebih mudah diproduksi dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Dengan ini, Apple bisa menambah rekanan pemasok dengan negosiasi harga yang bisa lebih murah. Hal ini juga bisa membuat biaya produksi bisa turun dan harga Iphone bisa lebih murah.

Apple sendiri sudah menggelar penjualan perdana Iphone XR pada 26 Oktober 2018.

Analis Guggenheim Securities, Robert Cihra, memprediksi Iphone XR akan berkontribusi untuk total penjualan smartphone Apple, tetapi di sisi lain juga memberikan dampak negatif terhadap rata-rata harga jual (ASP) Iphone.

Dilansir Phone Arena, Selasa (23/10/2018), Cihra menilai peluncuran Iphone 2018 dengan harga paling terjangkau itu akan memengaruhi ASP Iphone. Pada tahun lalu, Apple menghadirkan Iphone X dengan harga tinggi, sehingga ASP Iphone menjadi di atas US$700 naik dari US$651 pada 2016.

Menurut Cihra, pertumbuhan ASP tidak akan terjadi pada tahun fiskal 2019 disebabkan harga jual Iphone XR yang mulai dari US$749. Hal ini dinilai sebagai penurunan ASP. Gabungan harga rendah dengan berbagai fitur menarik diprediksi akan membuatnya menarik penjualan Iphone XS dan XS Max, yang jauh lebih mahal.

Kendati demikian, katanya, Iphone XR kemungkinan akan menarik para pelaku bisnis untuk mengganti Iphone lama mereka. Ia memperkirakan, penjualan Iphone XR akan 50 persen lebih banyak daripada Iphone 8 yang dirilis tahun lalu.

Apple telah mulai menggelar pre-order Iphone XR pada Jumat (19/10/2018). Harga jualnya mulai dari US$749 dan paling mahal US$899.