Smartphone Sering Lemot? Ini Cara Mengatasinya

Ilustrasi Main Gadget (Solopos/Whisnupaksa Kridangkara)
24 November 2018 17:30 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Sebesar apapun memori ponsel biasanya bakal penuh seiring dengan lamanya penggunaan. Memori internal smartphone biasanya habis karena banyaknya aplikasi yang terpasang. Masing-masing aplikasi tersebut membutuhkan banyak ruang untuk berjalan optimal.

Tetapi, jika ruang penyimpanan habis, kinerja ponsel bakal melambat. Penurunan performa smartphone itu diikuti sejumlah masalah lain yang pada akhirnya merusak perangkat. Jika sudah rusak, maka kebanyakan orang biasanya bakal membeli smartphone model terbaru.

Padahal, sebenarnya kinerja smartphone bisa dioptimalkan jika memori internal diperhatikan. Nah, mau tahu bagaimana cara tepat merawat memori internal agar kinerja smartphone optimal? Simak ulasan yang dihimpun dari Android Central, Sabtu (24/11/2018), di bawah ini:

Rajin membersihkan sampah aplikasi

Salah satu cara menjaga kapasitas memori internal adalah dengan rajin membersihkan sampah aplikasi. Tanpa disadari, semua aplikasi yang berjalan di smartphone biasanya memakan banyak ruang penyimpanan. Jadi, rajinlah membersihkan sampah aplikasi agar kinerja ponsel optimal.

Copot aplikasi tidak penting

Jangan terlalu banyak memasang aplikasi di smartphone. Pastikan aplikasi yang terpasang benar-benar penting. Anda juga sebenarnya tidak perlu memasang aplikasi pembersih khusus. Sebab, aplikasi tersebut sebenarnya justru mempersempit kapasitas memori internal.

Pakai kartu memori tambahan

Jika kapasitas memori internal dirasa kurang, tidak ada salahnya Anda memasang kartu memori tambahan. Apalagi bagi Anda yang hobi memotret dengan kamera smartphone beresolusi tinggi. File foto tersebut tentu bakal memenuhi ruang memori internal. Jadi, akan lebih baik jika Anda menyimpan foto di kartu memori eksternal agar kinerja ponsel tetap optimal.