Unik! Power Bank Ini Bisa Dicas Tanpa Listrik

Denqul, power bank yang bisa dicas tanpa listrik (Hype Beast)
27 November 2018 23:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Kapasitas baterai smartphone yang terbatas tentu sangat merepotkan, khususnya bagi mereka yang sangat aktif menggunakannya. Namun, kini masalah baterai ponsel yang cepat habis bisa diatasi dengan teknologi power bank.

Meski demikian, perangkat baterai portabel tersebut tetap saja memiliki daya tahan yang terbatas. Power bank harus diisi ulang dengan cara dicolokkan pada adaptor listrik. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, ada perusahaan teknlogi yang membuat power bank unik.

Perusahaan teknologi asal Jepang, Nendo, membuat power bank unik yang pengecasannya dilakukan dengan cara diputar. Adapun power bank unik yang didesain khusus untuk dipakai dalam kondisi darurat itu diberi nama Denqul.

Dikutip dari Hype Beast, Selasa (27/11/2018), power bank Denqul dirancang istimewa karena tetap bisa diisi ulang mesti tidak ada sumber listrik. Denqul berbentuk tabung dengan diameter kecil. Jika dilihat sekilas, power bank ini terlihat seperti tongkat kecil. Meski demikian, perangkat ini mampu menyimpan aliran listrik dengan kapasitas 5.000 mAh. Kapasitas daya tersebut cukup untuk melakukan dua kali pengisian daya smartphone sampai penuh.

Bentok power bank Denqul bisa dipanjangkan seperti tongkat narsis (selfie stick). Ujungnya bisa ditekuk 90 derajat untuk membentuk engkol yang dapat diputar. Nah, di bagian dalam power bank ini terdapat generator yang berfungsi mengonversi gaya gerak menjadi energi listrik.

Guna memutar engkol tersebut, pengguna hanya perlu memegang ujung power bank. Nantinya, bagian engkol yang ditekuk itu bakal berputar layaknya baling-baling. Nah, perputaran itu menghasilkan energi dan sumber daya yang disimpan.

Bukan hanya diputar, power bank Denqul juga bisa dicas dengan dialiri listrik. Meski sangat menarik, sayang sekali tidak disebutkan jelas berapa harga power bank tersebut. Tidak dijelaskan pula berapa lama daya tahan power bank tersebut.