Dianggap Gagal, Aplikasi Hangouts Dimatikan pada 2020

Ilustrasi Google Hangouts (Google)
02 Desember 2018 06:00 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Aplikasi digital Google Hangouts dikabarkan bakal menghentikan layanan pada 2020. Sebagai pengembang aplikasi, Google tidak melakukan pengembangan pada Hangouts. Jadi, Google berencana menghentikan layanan aplikasi tersebut.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (1/12/2018), layanan pesan milik Google itu sebenarnya memiliki fitur unik. Salah satunya yakni percakapan tersebut disimpan dalam jaringan cloud Google sehingga tetap bisa dilihat di kemudian hari.

Selain itu, pengguna Hangouts juga bisa mengirim pesan kapanpun diinginkan meski orang yang dimaksud tidak terhubung ke jaringan Internet. Menariknya lagi, Hangouts menawarkan fitur panggilan video yang bisa dilakukan secara kolektif dengan 10 pengguna sekaligus.

Belakangan ini, banyak ulasan yang menyebut Google Hangouts di Play Store menunjukkan tanda-tanda kehilangan performa. Padahal, sebelumnya Google berniat menjadikan Hangouts sebagai saingan aplikasi smartphone iMessage.

Sayangnya, harapan Google pada aplikasi Hangouts tampaknya tidak berhasil. Kegagalan itu ditambah dengan kemunculan aplikasi Google Allo dan Duo yang disebut menjadi pemicu berakhirnya layanan Hangouts. Padahal, kedua aplikasi tersebut merupakan pengembangan dari Hangouts.