Tulisan Tangan Steve Jobs Dilelang Rp857 Juta, Apa Istimewanya?

Steve Jobs (Famous Biographies)
05 Desember 2018 16:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Pendiri raksasa teknologi Apple, Steve Jobs, dikenal sebagai sosok yang cerdas dan inovatif. Tak heran, banyak orang yang mengidolakannya sampai saat ini. Bahkan, tak sedikit orang yang rela menggelontorkan uang ratusan juta rupiah demi mengoleksi barang pribadi milik Steve Jobs.

Kartu nama, surat lamaran kerja, hingga lembaran cek yang diberikan Steve Jobs kepada mantan kekasihnya, Tina Redse, laku keras dalam pelelangan. Yang terbaru, tulisan tangannya berisi deskripsi spesifikasi komputer pertama Apple ikut dilelang.

Dikutip dari Business Insider, Rabu (5/12/2018), lembaga pelelangan Bonhams di New York, Amerika Serikat, melelang tulisan tangan Steve Jobs tersebut dengan harga mulai US$600.000 atau sekitar Rp857 juta. Pemenang lelang bakal diberi bonus dua lembar foto polaroid yang menunjukkan papan sirkuit komputer Apple-1.

Tulisan tangan Steve Jobs

"Naskah ini adalah lembar spesifikasi komputer yang diberikan kepada orang yang hendak memasarkan Apple-1 saat berkunjung ke tempat Steve Jobs," demikian tulisan pada deskripsi naskah yang dilelang tersebut.

Naskah tersebut kabarnya ditulis Steve Jobs pada 1976. Dia memberikan surat tersebut kepada kawan lamanya sebelum memasarkan Apple-1. Kesuksesan peluncuran komputer itulah yang memacu semangatnya membuat perangkat elektronik lain yang tak kalah canggih.

Bukan hanya tulisan tangan Steve Jobs, Bonhams juga bakal melelang sejumlah barang menari lainnya. Seperti komputer Apple-1 yang dibuka mulai harga Rp3,5 miliar. Ada pula mikro-komputer Apple yang hendak dilelang sekitar Rp430 juta hingga Rp710 juta.