Akun Jokowi Paling Banyak Dibicarakan di Twitter Sepanjang 2018

Presiden Joko Widodo mengenakan baju pejuang Bung Tomo (tengah) didampingi Kepala Staf Presiden Moeldoko (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) menyapa warga ketika mengikuti kegiatan sepeda bersama dengan tema Bandung Lautan Sepeda di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/11 - 2018). (Antara/Wahyu Putro A)
06 Desember 2018 12:00 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Sepanjang 2018 masyarakat Indonesia menunjukkan ketertarikan yang beragam mulai dari akun yang sering dibicarakan di Twitter.

Twitter Indonesia mencatat Presiden Joko Widodo (@jokowi) berada di peringkat pertama, disusul oleh Fiersa Besari @FiersaBesari, Firgiawan Ramaulana @seterahdeh, Prabowo Subianto @prabowo dan yang baru saja masuk ke daftar jajaran lima besar tahun ini yaitu Bayu Joo @bayu-joo.

"Ada tiga pengguna Twitter yang bukan dari kalangan terkenal. Poin dari akun-akun ini adalah mereka selalu tap-in pada conversation yang sedang terjadi saat itu. Di saat Asian Games misalnya, mereka itu berpartisipasi dalam percakapan," ujar Country Industry Head Twiter Indonesia & Malaysia, Dwi Ardiansah, dalam temu media di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Lima akun Twitter lainnya yang masuk dalam 10 akun Indonesia yang paling banyak dibicarakan adalah @fadlizon, @ARMYIndonesia, @Fahrihamzah, @sandiuno dan @andihiyat -- secara berurutan.

Menjadi platform yang bersifat real time dan conversational memungkinkan pengguna meraih perhatian pengikut mereka serta menuangkan ide gagasan yang unik dan berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Kicauan lucu yang viral karena mendapat banyak retweet oleh pengguna Twitter di Indonesia datang dari @maxbam. Tidak tanggung-tanggung, cuitan dari akun tersebut di-retweet 39.000 kali.

Tweet yang mengocok perut dari @TedyGunaidi juga membuat masuk dalam top tweet 2018 dengan retweet sebanyak 36.000 kali. Akun tersebut mengunggah video dengan cuitan lucu "Cuma di Indonesia, Tornado gak punya harga diri," yang memperlihatkan anak-anak SD Indonesia yang sama sekali tidak gentar bermain di dalam pusaran tornado.

Selain itu, ada pula tweet dari @GiaPratamaMD yang membahas secara mendalam mengenai penyebab penyakit batu ginjal yang kerap melanda mayarakat ibu kota. Tweet ini telah di-retweet sebanyak lebih dari 35.000 kali.

Sumber : Antara