Instagram Rilis Filter Komentar Bahasa Indonesia

Ilustrasi penggunaan Instagram (Pictagram)
14 Desember 2018 20:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Instagram terus memperbarui layanan dengan menghadirkan beragam fitur terbaru. Kali ini, platform media sosial yang cukup banyak dipakai tersebut meluncurkan fitur penyaring komentar dalam bahasa Indonesia.

dikutip dari Okezone, Jumat (14/12/2018), fitur tersebut dibuat dengan teknologi machine learning yang secara otomatis akan menyaring komentar tidak pantas. Adapun komentar tersebut berisi perundungan, ujaran kebencian, pelecehan seksual, dan spam.

Jadi, komentar yang mengganggu tersebut bakal otomatis disaring. Sehingga orang lain tidak dapat melihat komentar tersebut. Fitur ini juga bakal memberikan notifikasi kepada Instagram jika suatu akun terus melakukan aktivitas mencurigakan.

Dikutip dari The Verge, Instagram memang telah lama mempersiapkan fitur penyaring komentar. Fitur terbaru itu bakal menyaring segala macam komentar yang menyinggung kelompok tertentu. Komentar yang berbau vulgar juga bakal disaring oleh fitur tersebut.

Fitur terbaru dari Instagram untuk menyaring komentar tersebut bisa diaktifkan dengan mengakses profil. Caranya, buka laman pngaturan, kemudian aktifkan kontrol komentar. Matikan opsi sembunyikan komentar ofensif pada pengaturan kontrol komentar.

Penyaring komentar otomatis itu kali pertama diperkenalkan Instagram pada Oktober 2016 dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, pada Juni 2017 fitur tersebut diperluas ke dalam delapan bahasa, yakni Spanyol, Portugis, Arab, Prancis, Jerman, Rusia, Jepang, dan Mandarin.