SOLOPOS.COM - F 4 Phantom (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA-Berikut adalah 10 pesawat dengan waktu terbang terlama yang masih beroperasi. Pesawat memiliki masa pakai yang lebih lama ketimbang moda transportasi lainnya, seperti mobil.

Pesawat yang berumur 50 tahun bahkan masih sanggup berlalu-lalang di angkasa. Melansir dari Slashgear, Sabtu (24/6/2023), Standar pesawat yang tinggi memiliki manfaat sekunder untuk membuat mesin yang sangat kuat dan dapat bertahan selama beberapa dekade.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Karena biaya yang sangat tinggi untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan penerbangan, sebagian besar pesawat dibeli untuk tujuan komersial oleh perusahaan besar yang mampu membayar biaya yang besar.

Memiliki peralatan yang dapat bertahan selama bertahun-tahun menawarkan peluang yang lebih baik untuk menutup biaya, membuat pesawat yang mahal menjadi investasi yang baik.

Berikut adalah 10 pesawat dengan waktu terbang terlama yang masih beroperasi:

 

  1. Airbus A300-B2

Armada buatan perusahaan pesawat Prancis Aérospatiale (sekarang Airbus) untuk pesawat penumpang jarak menengah A300 berasal dari 1970-an dan menjadi pesawat berbadan lebar bermesin ganda pertama.

Setelah henti produksi pada 1984, pesawat ini telah diterbangkan dalam penerbangan jarak menengah dan jarak jauh selama beberapa dekade oleh berbagai maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Meski A300 memenuhi kebutuhan akan lebih banyak dari kebanyakan pesawat komuter, tetapi tidak dapat menempuh jarak sejauh Boeing 747 atau Airbus A380. Meskipun versi penumpang A300 sebagian besar telah digantikan oleh pesawat yang lebih baru, A300 kini telah dijadikan sebagai armaga kargo, salahs atunya United Parcel Service atau UPS Airlines masih terbang dengan armada A300.

 

  1. B-52 Stratofortress

Meluncur pertama kali pada 1953, B-52 Stratofortress sebagai salah satu pesawat tertua yang digunakan dalam dinas militer di seluruh dunia. Pesawat B-52H dalam bentuknya saat ini mampu membawa 70.000 pon muatan senjata dan dikonfigurasikan dengan kemampuan untuk mengirimkan berbagai amunisi ke berbagai target.

Di antara amunisi yang mungkin dikirimkan adalah rudal AGM-84 Harpoon, rudal AGM-142 Raptor, bom konvensional tak berpemandu, amunisi serangan langsung gabungan, dan beberapa amunisi lainnya, termasuk beberapa dengan hulu ledak nuklir.

70 tahun sejak pertama kali diluncurkan, B-51 telah menjalani proses upgrade di mana mesin baru dipasang dan avionik diperbarui sehingga diproyeksi akan layak untuk digunakan hingga 2040. Artinya, B-52 dapat melihat hampir satu abad di udara sebelum akhirnya harus pensiun.

 

  1. Antonov An-2

Usia Antonov An-2 yang hampir genap mencapai 80 tahun dan masih digunakan mengangkasa karena alasan kesulitan keuangan yang berlanjut sejak pecahnya Uni Soviet. Pesawat yang dibuat di Ukraina tersebut pada 1947 tersebut, diadopsi oleh kalangan sipil dan militer yang memilih pesawat ini karena kemampuannya untuk terbang ke mana saja. Saat ini, diperkirakan hingga 90 persen rute ke tujuan kecil dan jauh dilayani oleh An-2 yang diproduksi selama 70 tahun terakhir di samping versi yang masih diproduksi di China.

 

  1. Lockheed U-2

Pesawat mata-mata U-2 yang pertama kali beroperasi pada 1955 tersebut milik militer AS yang tercipta kala masa Perang Dingin. U-2 mampu terbang di ketinggian 70.000 kaki, jauh di atas ketinggian kebanyakan pesawat lain, dan dilengkapi dengan peralatan fotografi beresolusi tinggi.

Rusia, dulu Soviet, akhirnya menembak jatuh satu pesawat ini dengan rudal permukaan-ke-udara pada 1960, yang secara efektif mengakhiri penerbangan lintas udara Soviet – tetapi hal itu tidak mengakhiri program U-2. U-2 masih beroperasi dan telah ditingkatkan berkali-kali dan sekarang membawa pengawasan elektronik canggih terbaru. Bahkan di era teknologi satelit dengan fotografi canggih, mengirim pesawat dalam misi terus memberikan informasi intelijen yang tak ternilai yang tidak dapat dikumpulkan dengan cara lain.

 

  1. Boeing 737-200

Boeing 737 adalah pesawat berbadan sempit populer yang banyak digunakan di seluruh dunia dan telah diproduksi sejak 1967. Versi terbaru dari model ini adalah 737 MAX, yang merupakan yang terbaru dari deretan panjang pesawat 737. Meskipun ada jet terbaru dengan teknologi avionik dan mesin terbaru, maskapai penerbangan di Kanada – Nolinor Aviation masih menggunakan pesawat yang berusia 56 tahun tersebut. Memiliki kemampuan untuk mengubah jenis muatan dengan cepat dan membawanya ke tempat yang dingin dan es adalah alasan utama Nolinor masih menerbangkan pesawat Boeing 737-200 yang lama.

 

  1. Mikoyan-Girevich MiG-19

Perang Dingin menjadi awal bagi negara yang berperang memproduksi jet temput. MiG-19 adalah pesawat tempur pertama Soviet yang mampu terbang supersonik dan diproduksi secara luas dan ditawarkan untuk dijual ke negara-negara asing. Menggunakan lisensi yang sama, China memproduksi Shenyang J-6. Meskipun pesawat ini dirancang setelah Perang Dunia 2, beberapa salinan pesawat ini masih beroperasi. Baik versi Soviet maupun Cina diekspor ke negara-negara yang berada di bawah pengaruh Komunis. Pada tahun 2022, Korea Utara, Vietnam, dan Pakistan masih memiliki pesawat MiG-19 dan J-6 dalam armada mereka, meskipun banyak di antaranya yang kemungkinan besar diproduksi jauh setelahnya. Baru-baru ini, Cina telah merilis gambar armada jet MiG-19 tanpa kokpit yang berfungsi sebagai pesawat tak berawak penyerang supersonik.

 

  1. McDonnell Douglas F-4 Phantom II

Iran tercatat masih mengoperasikan jet tempur F-4 Phantom II ini hingga mereka tidak dapat terbang lagi, meskipun kalah bersaing dengan pesawat dari hampir semua musuh. Dahulu saat Iran menjadi sekutu AS, Negeri Paman Sam yang memproduksi 5.000 pesawat tempur tersebut mengirim pesawat-pesawatnya ke Iran. Angkatan Udara Republik Islam Iran (IRIAF) menyimpan banyak peralatan Amerika dalam inventarisnya karena sanksi telah membuatnya sangat sulit untuk membeli pesawat baru untuk keperluan militer atau sipil. Akibatnya, IRIAF terpaksa mempertahankan badan pesawat yang sudah tua di angkasa dengan mengais-ngais suku cadang pesawat yang sudah pensiun dan terus kehilangan pesawat karena kelaikan udaranya menurun.



 

  1. Lockheed C-130

Hercules Mulai terbang pada 1954, C-130 menjadi pesawat paling penting bagi AS dan menjadi tulang punggung logistik militer modern yang mampu mengangkut kargo dan pasukan. Awalnya, Hercules dapat melaju dengan kecepatan 336 mph pada ketinggian 20.000 kaki, namun kemudian ditingkatkan hingga mencapai kecepatan 410 mph pada ketinggian 26.000 kaki dengan membawa muatan seberat 44.500 pon. Dapat dikatakan bahwa kemampuan militer Amerika modern akan sangat berkurang tanpa adanya pesawat yang telah lama mengabdi ini dalam armadanya.

 

  1. Boeing 747-121

Pada pertengahan tahun 60-an, Boeing membuat pesawat berbadan lebar yang cukup mewah dengan tempat duduk bertingkat. Boeing 747 yang diproduksi pada tahun 1976 dan awalnya dikirim ke Iraqi Airways, tetapi diambil oleh Iran sebagai reparasi setelah perang Iran-Irak. Pesawat ini merupakan 747 tertua yang masih beroperasi dan terlihat baru-baru ini di Beograd. Mengingat ketidakmampuan pemerintah Iran untuk mengimpor komponen apa pun untuk perbaikan atau peningkatan, kemungkinan besar masa pakai pesawat ini tinggal menghitung hari.

 

  1. De Havilland Canada DHC-2 Beaver

Warga Kanada memiliki Beaver untuk membantu mereka – khususnya, mereka memiliki De Havilland Canada DHC-2 Beaver, sebuah pesawat semak yang kecil namun tangguh yang mampu mendarat dan lepas landas dalam kondisi ekstrem, untuk menikmati pemandangan Kanada. Diproduksi dari tahun 1947 hingga 1967, pesawat amfibi ini membuat kebutuhan akan infrastruktur penerbangan tidak perlu diperdebatkan lagi. Pontonnya memungkinkan untuk mendarat di atas air, tetapi juga dapat dilengkapi dengan roda atau ski untuk di daratan dan salju. Meskipun sudah tidak diproduksi lagi selama lebih dari setengah abad, Beaver akan terus terbang selama manusia dapat menjaganya tetap aman di udara.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “10 Pesawat Tua yang Laik Terbang, Sebagian Cocok untuk Militer”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya