SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasang kamera CCTV. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebelum memutuskan memasang kamera pengintai atau kamera CCTV, ada sejumlah hal yang perlu kamu pertimbangkan. Simak ulasannya di tips teknologi kali ini.

Mewaspadai tindak kriminal yang bisa terjadi dimana pun adalah hal yang yang sangat penting. Hal ini juga bisa menjadi alasan penggunaan kamera closed circuit television (CCTV), terutama di gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, taman, jalanan, sampai kawasan perumahan.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Kamera pengintai digunakan untuk memantau keadaan sekitar dan hasil rekamannya dapat digunakan sebagai bukti yang valid apabila terjadi suatu tindakan kriminal. Pemasangan kamera pengintai berfungsi untuk melindungi aset dan penghuni tempat kamera CCTV tersebut terpasang. Selain itu, area yang terjangkau oleh pantauan kamera CCTV terbukti lebih aman dibandingkan dengan area yang tidak diawasi kamera CCTV.

Nah jika kamu sudah berencana hendak membeli produk ini, ketahui terlebih dulu 4 hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memasang kamera CCTV seperti dikutip dari hikvision.com pada Minggu (22/1/2023):

1. CCTV indoor vs CCTV outdoor

Penting bagi kamu untuk menentukan apakah Anda akan memasang kamera CCTV  di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor). Hal ini berkaitan dengan jenis kamera CCTV yang akan kamu gunakan. Kamu tidak bisa menggunakan CCTV indoor untuk outdoor dan tidak disarankan pula sebaliknya.

Karena akan ditempatkan di lokasi berbeda, kedua jenis piranti ini terbuat dari bahan yang berbeda. CCTV outdoor cenderung memiliki bahan casing pelindung yang lebih kuat karena disesuaikan dengan kondisi luar untuk menghadapi panas dan hujan. Beberapa CCTV outdoor juga dilengkapi dengan blower sementara CCTV indoor tidak karena digunakan pada suhu ruangan.

2. Titik pemasangan, area, dan jumlah kamera CCTV

Sebelum memasang kamera CCTV, kamu juga perlu mempertimbangkan titik pemasangan terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu bisa membeli CCTV yang sesuai dengan kondisi ruangan mengingat terdapat beberapa jenis CCTV. Seperti contoh, tipe dome tepat untuk digunakan di dalam ruangan dan ditempatkan di sudut ruangan sedangkan area luar lebih cocok menggunakan kamera outdoor.

Untuk jumlah kamera CCTV yang harus kamu gunakan, Anda dapat memperhitungkannya terlebih dahulu. Kamera CCTV standar memiliki kemampuan sudut maksimum sebesar 70 derajat. Oleh sebab itu, apabila kamu memiliki area yang luas, kamu bisa memasang lebih dari satu kamera pada dua titik berbeda. Tetapi sekarang terdapat pula kamera CCTV yang memiliki kemampuan sudut hingga 360 derajat.

Yang terpenting, pastikan kamu memprioritaskan area utama seperti tempat penyimpanan aset, ruang kerja, dan lain lain.

3. Analog vs IP CCTV

Setelah itu, kamu dapat memilih sistem kamera CCTV yang kamu inginkan. Apakah analog dan Internet Protocol (IP) Camera? Singkatnya, IP Camera merupakan bentuk kemajuan dari kamera CCTV analog. Perbedaan antara keduanya terletak pada sistem penyimpanannya. Jika CCTV menggunakan digital video recorder (DVR), IP Camera menggunakan network video recorder (NVR) dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT), cukup disambungkan dengan WiFi.

Oleh karena itu, pengguna IP Camera CCTV dapat mengakses rekaman secara real time melalui aplikasi yang terinstall pada perangkat laptop maupun smartphone mereka kapan saja dan dimana saja. Tidak hanya itu, IP Camera CCTV memiliki fitur lain seperti face recognition, digital zoom, motion detection, hingga built-in mikrofon dan speaker yang dapat kamu gunakan untuk komunikasi dua arah.

IP Camera memang lebih canggih. Namun, perlu diingat jika jenis kamera CCTV tersebut mematok harga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis analog. Karena itu, ada baiknya untuk mempertimbangkan budget yang Anda miliki. Apabila budget tidak menjadi batasan bagi kamu, lebih baik memilih jenis IP Camera, terutama bila kamu memiliki mobilitas tinggi dan sering bepergian. Dengan IP Camera, kamu dapat memantau kondisi rumahmu melalui telepon pintar.

4. Kualitas gambar CCTV

Hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang kamera CCTV adalah kualitas gambar. Tentunya kamu menginginkan hasil rekaman yang jelas dari CCTV, bukan?  Kamu dapat mencari tahu satuan Television Lines (TVL), yaitu kerapatan garis vertikal yang dihasilkan oleh CCTV dalam menampilkan gambar pada layar. Semakin tinggi TVL, semakin tinggi pula kualitas gambar yang dihasilkan. Untuk catatan, CCTV dengan 700 TVL tergolong dalam CCTV resolusi tinggi.

Sangat disarankan bagi pengguna untuk memilih CCTV dengan resolusi sebaik mungkin agar pemantauan dapat lebih nyaman. Selain itu, untuk penggunaan outdoor, sebaiknya memilih CCTV dengan fitur night vision atau infra merah agar CCTV tetap dapat merekam secara maksimal meskipun dalam kondisi minim pencahayaan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya