SOLOPOS.COM - TV analog bisa menerima siaran TV digital dengan memasang perangkat Set Top Box (STB). (Siarandigital.kominfo.go.id)

Solopos.com, SOLO — Migrasi siaran televisi analog ke televisi digital sudah berjalan di berbagai daerah di Tanah Air. Salah satu kendala yang dihadapi masyarakat adalah kualitas sinyal sehingga masyarakat berusaha mencari cara untuk memperkuat sinyal TV digital.

Kendala sinyal TV digital tentuinya akan mengganggu saat menonton TV. Ada beberapa penyebab sinyal TV digital lemah. Misalnya daerah tempat tinggal Anda belum mendapatkan jangkauan sinyal digital yang memadai. Biasanya hal ini bisa menyebabkan TV tidak menampilkan semua atau beberapa siaran stasiun televisi.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Posisi antena keliru juga bisa menjadi penyebab sinyal TV digital lemah. Apalagi bila antena diletakkan di dalam ruangan. Faktor lainnya yaitu kualitas antena kurang baik.

Bila mengalami kendala-kendala semacam itu, berikut ini lima cara memperkuat sinyal TV digital sebagaimana dikutip dari laman AQUA Japan, Sabtu (14/1/2023).

Gunakan STB Sesuai Rekomendasi

Penggunaan TV analog disertai set top box atau STB adalah jalan keluar terbaik untuk Anda yang belum beralih ke TV digital. Namun, Anda harus menggunakan STB berkualitas yang direkomendasikan oleh Kemenkominfo.

Kemenkominfo merilis informasi tentang daftar STB berkualitas yang bersertifikasi SNI dan terbukti efektif menangkap sinyal TV digital. Ini menjadi cara pertama memperkuat sinyal TV digital.

Pakai Antena Khusus

Tidak sedikit orang menganggap bahwa penggunaan antena analog biasa masih dapat diandalkan untuk menangkap sinyal TV digital. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab tidak semua antena analog cukup berkualitas untuk menangkap sinyal digital.

Untuk memperkuat sinyal TV digital alangkah lebih baik bila Anda memakai antena khusus sinyal digital yang terbukti dapat menangkap sinyal tersebut secara maksimal demi kualitas siaran TV yang lebih baik.

Perhatikan Posisi Antena

Posisi antena turut menentukan kualitas siaran televisi .Anda bisa mengubah letak antena dan meletakkannya pada posisi yang tepat agar mendapatkan siaran yang maksimal.

Pastikan posisi antena yang baru bisa menangkap sinyal TV digital secara maksimal dan menghasilkan siaran berkualitas.

Cek Komponen Penghubung Antena-TV

Cara memperkuat sinyal digital TV berikutnya adalah pemeriksaan komponen. Luangkan waktu untuk memeriksa komponen penghubung antena dan TV, khususnya bagian jack dan kabel konektor.

Komponen yang sudah rusak harus lekas diganti agar penangkapan sinyal TV digital tidak terganggu.

Gunakan Booster Antena

Booster antena TV digital adalah perangkat teknologi yang berfungsi memperkuat sinyal pada antena TV indoor. Posisi antena yang diletakkan di dalam ruangan memang kerap membuat sinyal digital yang ditangkap jadi terbatas.

Anda dapat menggunakan perangkat booster tersebut untuk memaksimalkan penangkapan sinyal TV digital, terutama jika lokasi tempat tinggal Anda terbilang jauh dari pemancar.

Selain memperhatikan lima cara memperkuat sinyal TV digital itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan sinyal TV digital di daerah tempat tinggal Anda untuk memastikan penyebab sinyal lemah.

Anda tinggal mengakses https://siarandigital.kominfo.go.id untuk mengecek jangkauan sinyal masing-masing wilayah.

Klik opsi Peta Lokasi Penyiaran agar dapat mengakses informasi sebaran sinyal secara rinci. Atau bisa juga mengunduh aplikasi SinyalTVDigital di perangkat gadget Android atau iOS secara spesifik di setiap daerah.

Itu beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memperkuat sinyal TV digital agar saat menonton televisi kian nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya