SOLOPOS.COM - Peluncuran 4G LTE (Liputan6.com)

Akses Internet 4G LTE sudah meluncur secara nasional. Ada lima komitmen lima operator Indonesia tentang 4G.

Solopos.com, JAKARTA — Lima operator seluler di Indonesia kompak duduk bersama demi mensukseskan pagelaran jaringan akses Internet 4G LTE secara nasional. Peluncurkan itu juga diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Lima operator itu adalah Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata yang mengoperasikan 4G di spektrum 900 MHz dan 1.800 MHz, Hutchison 3 Indonesia (Tri) di spektrum 1.800 MHz dan satu lagi Smartfren Telecom di spektrum 800 MHz dan 2.300 MHz.

“Sebagai operator terbesar di Indonesia, Telkomsel mendukung upaya pemerintah di dalam penyediaan layanan pita lebar, guna membangun ekosistem digital di Tanah Air,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, seperti dikutip dari Detik, Minggu (13/12/2015).

Hadirnya layanan Telkomsel 4G LTE dengan akses Internet yang lebih cepat dan stabil, serta didukung berbagai layanan digital akan memungkinkan terjadinya pertukaran informasi secara lebih cepat. Ririek berharap 4G bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas para penggunanya.

“Semoga peran aktif ini akan bermanfaat bagi Indonesia, khususnya dalam mempercepat terbentuknya masyarakat digital Indonesia di masa mendatang,” harap orang nomor satu di operator anak usaha Telkom dan Singtel itu.

Sementara President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, berkomitmen perusahaan yang dipimpinnya akan terus menggelar jaringan akses Internet 4G LTE agar semakin banyak masyarakat Indonesia yang dapat mengakses dunia digital.

“Dengan hal ini tentunya kesempatan dan potensi yang ada di dunia digital dapat lebih dimanfaatkan oleh banyak orang. Usaha ini juga seiring dengan upaya Pemerintah mewujudkan masyarakat digital Indonesia dan menggerakkan perekonomian dengan lebih intensif,” katanya.

President Director & CEO XL Axiata, Dian Siswarini berjanji, XL akan berperan aktif untuk menjadi bagian terdepan dalam mendukung pemerintah mendorong perkembangan ekonomi masyarakat melalui penyediaan layanan Internet cepat di berbagai wilayah di Indonesia.

“Kami juga berharap dengan kehadiran layanan Internet cepat XL 4G LTE dan berbagai jenis layanan Digital lainnya, akan semakin mempercepat terwujudnya pertumbuhan ekonomi digital yang lebih baik dan mandiri bagi masyarakat Indonesia,” harap Dian.

Wakil Presiden Direktur Hutchison 3 Indonesia, Muhammad Danny Buldansyah, juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung agenda pemerintah untuk menghadirkan akses Internet bagi seluruh masyarakat dan digital Indonesia.

“Kami telah berkontribusi dan akan terus memberikan yang terbaik untuk pencapaian agenda ini. Kami akan secara aktif berpartisipasi dalam mengantarkan revolusi digital di Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan warga negara Indonesia,” kata dia dalam kesempatan yang sama.

Sedangkan, Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, mengungkapkan dengan adanya momentum revolusi digital ini harus bisa dipahami akses Internet 4G, harus bisa memunculkan potensi baru di dunia ekonomi kreatif, yakni hadirnya usahawan baru yang memanfaatkan Internet 4G.

“Selain itu dengan adanya 4G ini juga diharapkan akan mempermudah dan mempercepat sarana telekomunikasi yang digunakan selama ini, namun yang terpenting cara memanfaatkan 4G supaya dapat meningkatkan nilai tambah bagi kehidupan bermasyarakat,” pungkas Merza.

Sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, Minggu, sekadar diketahui, sebelumnya sejumlah operator seluler telah melalui rangkaian penataan frekuensi 1.800 MHz selama beberapa bulan terakhir.Termasuk Smartfren yang langsung mengomersialisasikan layanan 4G serentak di 22 kota pada Agustus lalu.

Pemerintah Indonesia juga mengapresiasi kerja sama operator seluler yang melakukan refarming demi menggelar layanan akses Internet 4G secara nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya