SOLOPOS.COM - Smartfren Andromax 4G LTE (Okezone)

Akses Internet cepat 4G milik Smartfren semakin bervariasi setelah rilisnya paket True Unlimited.

Solopos.com, JAKARTA — Smartfren resmi memperkenalkan paket True Unlimited, yakni paket akses Internet yang benar-benar tanpa batasan atau Fair Usage Policy (FUP). Namun, dengan daya tariknya itu paket itu berpotensi disalahgunakan di perangkat yang tak seharusnya.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Dikutip dari Detik, Senin (2/11/2015), Smartfren mengancam blacklist nomor yang digunakan pengguna apabila memakai paket akses Internet True Unlimited di ponsel selain Andromax.

Paket True Unlimited sejatinya hanya diberlakukan bagi pelanggan Smartfren yang nomornya hadir bersamaan dengan ponsel Andromax 4G atau Hisense Pure Shot. Pelanggan membayar sebesar Rp75.000 per bulan untuk merasakan paket True Unlimited.

Harga yang terbilang menggoda itu dirasa Smartfren berpotensi disalahgunakan. Misalnya tak menutup kemungkinan ada pihak yang sengaja menjual secara terpisah nomor Smartfren yang di-bundling bersama dengan ponsel Andromax 4G atau Hisense PureS hot. Dengan tujuan nomor itu bisa dipakai perangkat lain, semisal Mifi.

Namun, Smartfren telah mengantisipasi hal tersebut. Menurut Head of Prepaid Dept. SmartFren, Ari Abdya, pihaknya akan melakukan monitoring penggunaan paket akses Internet True Unlimited untuk memastikan tak ada penyalahgunaan layanan.

“Misalnya dengan cara memindahkan nomor bundling Smartfren 4G ke perangkat lain yang bukan bundlingan-nya, misalnya ke Mifi atau ponsel lainnya. Kegiatan peer to peer (P2P) juga termasuk penyalahgunaan layanan,” kata Ari, di Pisa Café, Menteng, Jakarta.

Sejumlah tindakan khusus atau juga bisa dibilang sanksi telah disiapkan bagi pelanggan yang dianggap melanggar. Namun, setiap tindakan khusus bergantung pada kasusnya masing-masing. Sanksi terberat adalah dengan blacklist nomor yang melakukan penyalahgunaan sehingga nomor tak bisa lagi menikmati layanan True Unlimited.

Dalam kondisi reguler, tarif paket akses Internet True Unlimited memang tak bisa dibilang murah. Pelanggan harus merogoh kocek Rp300.000 untuk bisa merasakannya selama sebulan. Bandingkan dengan harga promonya yang cuma Rp75.000. Meski promo ini cuma berlaku sampai April 2016, wajar kalau layanan ini punya potensi disalahgunakan mengingat harganya cukup menggiurkan.

Apalagi dengan harga promo Rp75.000 tersebut pengguna bisa Internetan tanpa batas sepanjang masa berlaku alias sebulan penuh, dengan koneksi yang diklaim optimal di jaringan Smartfren 4G tanpa kekhawatiran dicekik bandwidth-nya.

Seperti dilansir Kantor Berita Antara, Senin, paket akses Internet True Unlimited sudah dapat diaktifkan mulai hari ini di aplikasi mobile Smartfren dan dapat diperpanjang secara otomatis di akhir masa berlaku setiap bulannya. Paket data Internet tersebut berakhir April 2016.

Tidak hanya data dan akses Internet cepat, Ari mengatakan True Unlimited juga memberikan keuntungan ekstra bagi pelanggan Smartfren, yaitu 10 menit gratis bicara ke semua operator dan 1.000 menit bicara ke sesama Smartfren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya