SOLOPOS.COM - Sensor mata Samsung (teknologi.co)

Solopos.com, NEW YORK – Samsung menantang Apple dengan inovasi terbarunya. Produsen gadget asal Korea ini akan mengembangkan teknologi sensor mata untuk menyaingi pemindai sidik jari yang tertanam di Iphone 5S.

Wall Street Journal, Kamis (5/12/2013), Samsung telah mendaftarkan dokumen pengajuan hak paten ke US Patent & Trademark Office untuk inovasi teknologi terbaru ini. Dalam dokumen disebutkan, pemindai mata ini tidak hanya dapat ditanam di perangkat ponsel. Komputer dan tablet juga dapat ditanami teknologi ini.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Teknologi yang sedang dikembangkan Samsung itu, memungkinkan smartphone dapat mengenali mata penggunanya saat ingin membuka akses perangkatnya, seperti halnya pemindai sidik jari yang ada iPhone 5S.

“Selaput mata punya pola unik dan jumlah partikel yang besar, dibandingkan dengan sidik jiri dan sedang dievaluasi sebagai teknologi identifikasi biometrik yang lebih maju ketimbang sidik jari maupun teknologi pemindai retina,” tulis Samsung dalam dokumennya.

Samsung sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan teknologi sensor mata. Galaxy S4 sudah memperkenalkan integrasi mata dan ponsel. Sistem itu digunakan dalam menyesuaikan tingkat kecerahan layar smartphone seseuai dengan mata penggunanya atau menggeser layar dari atas ke bawah saat membuka halaman web.

Belakangan pelaku pasar elektronik dan gadget lebih gencar mengumumkan inovasi terbaru mereka. Google punya tatto elektronik yang berfungsi sebagai microphone. Beberapa waktu lalu bra inovatif juga diperkenalkan ke publik.

Sony juga telah mengajukan paten komputasi wearable device berbentuk wig atau rambut palsu yang di dalamnya memiliki beragam sensor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya