SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA-Munculnya OS terbaru Android, OS Kitkat Android 4.4 mulai mengusik iOS 7 Apple. Sebelumnya,  Android Jelly Bean telah terpatahkan kecanggihan iOS 7.

Di pasar gadget, Apple dan Google memang seolah sedang bertarung. Setiap tahun, kedua raksasa ini selalu bersaing meluncurkan update teknologi aplikasi yang diciptakannya.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Dari User Interface, Apple mencoba mendesain ulang tampilan awal pada iOS 7. Ikon yang ditampilkan lebih glossy menggunakan tekstur skeuomorphic. Susunan ikonnya tampak lebih rapi dengan desain simpel dan minimalis. Sebagian besar tampilan iOS 7 diperbarui secara menarik dengan tampilan animasi. Keunggulan tampilan OS yang serba animasi ini diklaim lebih mudah diaplikasikan.

Apple juga menambahkan Control Centre yang berisi cara pintas ke fitur umum, seperti pengaturan Wifi, volume speaker atau aplikasi kamera. Pengoperasiannya hanya cukup dengan menggesek ke atas dari bagian bawah layar. Namun, beberapa fitur lainnya juga masih tersembunyi, misalnya pada tombol pintas untuk mengetik. Tampilan sistem iOS 7 pada Apple ini ternyata masih dinilai rumit.

Perubahan OS Kitkat pada Android 4.4 secara umum masih tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Tampilan awal OS Kitkat memiliki skema warna lebih terang. Tampilan tersebut bisa dibilang masih mengadopsi sistem pertama android seperti 3.0 Honeycomb dan 4.0 Ice Cream Sandwich. Status bar berada di atas homescreen dan pada bagian bawah layar lebih transparan.

Kerja sama Google dan Nestle yang menghadirkan Kitkat pada sistem pengoperasian Android memberikan kemudahan menu. Kitkat menandai debut dengan beberapa fitur, seperti fitur Hangouts terbaru menggantikan aplikasi pesan sebelumnya. Melalui menu ini, pesan singkat, SMS dan Google Hangout dapat dioperasikan dalam satu menu.

Pada dasarnya ada banyak perbedaan teknologi iOS dan Android sebelumnya dengan sekarang. Android masih menyimpan semua aplikasinya dalam sebuah folder berbeda, hanya dengan memilih aplikasi menu dari homescreen yang disediakan.

Adapun copy and paste pada iOS memang kurang praktis dibanding dengan teknologi yang ditawarkan Android. Satu fitur iOS yang tidak dimiliki Android adalah kemampuan iOS dalam memanfaatkan status bar untuk dapat berpindah langsung ke menu utama, atau ke menu lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya