SOLOPOS.COM - Tampilan Trakteer. (Trakteer.id)

Solopos.com, SOLO-Nama Livy Renata mendadak jadi perhatian warganet lantaran dia dituding beli mobil dari uang hasil donasi yang terkumpul dari Trakteer, lalu platform apa itu? Benarkah itu merupakan platform untuk mengumpulkan donasi? Simak ulasannya di info teknologi ini.

Sebagaimana diketahui Livy Renata bikin heboh warganet lantaran bisa membelikan mobil mewah untuk ibunya. Warganet menduga Livy Renata membeli mobil mewah itu dari hasil mengemis donasi di Trakteer.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Livy Renata telah memberikan klarifikasi. Terbaru, dia menulis ingin membeli helikopter untuk ibunya. Melalui akunnya, diketahui Livy Renata menjual foto-foto eksklusif dan dibatasi untuk 18+.

Lalu apa itu Trakteer? Benarkah platform tersebut bisa untuk mengumpulkan donasi seperti tudingan warganet?

Dikutip dari laman resminya, Rabu (27/3/2024),Trakteer adalah sebuah platform yang membantu konten kreator untuk mendapatkan dukungan finansial sebagai bentuk apresiasi dari para penikmat karyanya.

Kreator dapat memodifikasi halaman tersebut dengan gambar, teks, dan video dan mengunakan halaman web tersebut untuk memfasilitasi penerimaan dukungan finansial/donasi dan pesan dari Supporter. Supporter dapat menggunakan situs Trakteer.id untuk memfasilitasi dukungan finansial dan mengirim pesan dukungan kepada Kreator.

Kreator didefinisikan sebagai pengguna yang telah terdaftar dan memiliki halaman di Trakteer.id atau menggunakan platform Trakteer dengan cara apapun untuk menerima dukungan/donasi, menerima pesan dukungan, menampilkan karya, dan fitur lainnya pada halaman Kreator.

Setelah tahu apa itu Trakteer, ketahui pula bahwa platform ini menggunakan jasa pihak ketiga sebagai penyedia layanan pembayaran.  Dengan menggunakan situs Trakteer.id pengguna setuju untuk terikat oleh ketentuan penyedia layanan pembayaran pihak ketiga yang terkait dengan platform ini dan mereka akan bertanggung jawab untuk semua hal yang berkaitan dengan pembayaran dan penggunaan data Anda.

Kreator dikenakan biaya layanan oleh Trakteer sebesar 5% dari total dukungan/donasi yang didapat atau dihasilkan. Adapun biaya layanan gerbang pembayaran dari pihak ketiga ditanggung oleh kreator.

Kreator boleh memiliki konten eksklusif. Konten Ekslusif adalah konten yang dibuat oleh Kreator dan diberikan hanya kepada Supporter. Kreator dapat mengatur jumlah unit yang dibutuhkan untuk dijadikan syarat agar konten tersebut dapat diakses.

Dengan memberikan donasi dalam jumlah unit tertentu kepada Kreator, maka Supporter memiliki kesempatan untuk menikmati seluruh konten ekslusif dari Kreator yang didukung dengan syarat jumlah unit yang didonasikan memenuhi aturan jumlah unit telah dibuat oleh Kreator. Konten ekslusif tersebut dapat dinikmati selama 30 hari setelah Supporter memberikan donasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya