SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur lelap. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Mengelola waktu istirahat (tidur) sangat baik untuk menjaga kesehatan. Aplikasi sleep tracking atau pelacak tidur memandu Anda menuju pengalaman bangun yang menyenangkan di pagi hari dengan meningkatkan kualitas tidur, sesuatu yang sulit ditemui belakangan ini.

Dikutip Bisnis dari slashgear, Senin (23/10/2023), ada beberapa aplikasi pelacakan tidur pihak ketiga yang tersedia di AppStore maupun PlayStore dapat melacak tidur menggunakan berbagai metode seperti teknologi sonar, deteksi suara, dan menaruh smartphone setinggi dada.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Beberapa aplikasi pelacak tidur terbaik telah tersedia di Playstore maupun App Store IOS dapat membantu Anda untuk memantau pola tidur dan memastikan Anda mendapatkan kualitas tidur yang cukup.

 

Berikut 3 aplikasi yang akan menilai kualitas tidur:

1. Sleep Cycle atau Siklus Tidur

Sleep Cycle merupakan salah satu alat terbaik untuk menganalisis pola tidur Anda. Cara kerjanya merupakan waktu tidur Anda akan terdeteksi dengan menggunakan mikrofon atau akselerometer, sesuai pilihan.

Dengan cara ini, aplikasi Sleep Cycle dapat menentukan apakah Anda berada dalam mode tidur ringan, tidur nyenyak, atau fase REM. Bahkan, Siklus Tidur juga memiliki tema tidur yang membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Suara gratis yang tersedia di Sleep Cycle merupakan Angin hangat, Rawa hutan, Kabut pagi, dan Matahari Terbit. Sayangnya, Sleep Cycle merupakan aplikasi berbayar dengan harga $39,99 atau setara Rp637.208 (kurs: Rp15.934) per tahun untuk versi premium. Namun, Anda dapat mendaftar untuk uji coba gratis selama tujuh hari.

 

2. SleepScore atau Skor Tidur

Seperti namanya, SleepScore menilai tidur Anda dari 1-100 dan memberi tahu Anda berapa skor tidur ideal rata-rata yang diperlukan untuk usia Anda. Pelacak tidur dari SleepScore menunjukkan berapa lama Anda berada di setiap tahap tidur.

Aplikasi ini dapat melacak tidur Anda dengan teknologi sonar non-kontak, menggunakan mikrofon, dan speaker agar dapat mengukur laju pernapasan serta pergerakan tubuh. Namun, SleepScore membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 pekan untuk mempelajari pola tidur Anda dan memberikan pelatihan maupun alat untuk Anda bisa tidur lebih nyenyak di malam harinya.

Jika Anda telah mencapai sasaran tidur Anda, tentunya SleepScore akan membantu Anda untuk mempertahankan tidur dengan nyenyak. Dengan cara ini, Anda dapat membuat perubahan gaya hidup yang dapat diatur untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Anda juga bisa mendapatkan pesan inspirasi dan motivasi di aplikasi untuk memulai hari Anda. SleepScore Premium berharga $9,99 atau Rp159.187 per bulan atau $59,99 setara Rp955.922 per tahun. Sementar itu, untuk versi gratisnya hanya menampilkan riwayat tidur tujuh hari, jadi Anda mungkin ingin membeli langganan premium jika tujuan Anda merupakan melacak dan meningkatkan kualitas tidur dalam jangka waktu yang lama.

 

3. ShutEye atau Tidur

ShutEye merupakan aplikasi pelacak tidur yang dapat menganalisis kualitas tidur Anda dan menyarankan cara untuk memperbaikinya, seperti kesulitan tidur, menghadapi kurang tidur, atau menderita sleep apnea.

Aplikasi ini menggunakan deteksi suara untuk merekam saat Anda mendengkur, menghirup udara, atau berbicara saat tidur. Selain itu, ShutEye juga memiliki berbagai alat bantu tidur untuk membantu Anda tertidur, seperti meditasi, cerita, dan white noise dapat membuat campuran suara Anda sendiri untuk soundtrack pengantar tidur yang sempurna.

Maka, aplikasi ini dengan tepat melacak siklus tidur Anda dan membuat rekomendasi yang tulus untuk meningkatkan kebiasaan tidur Anda dan mencapai kualitas tidur tertinggi yang Anda butuhkan. Aplikasi ini dapat diunduh di Android dan iPhone dan menampilkan berbagai alat yang membantu Anda langsung tertidur dengan cara yang paling sehat dan memantau siklus tidur Anda untuk memberikan wawasan yang berharga.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “3 Aplikasi Sleep Tracking Terbaik untuk Android dan iPhone”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya