SOLOPOS.COM - (detikcom/Ist)

(detikcom/Ist)

AMERIKA SERIKAT- Banyaknya laporan tentang korban pemerkosaan di bawah umur, sebuah aplikasi smartphone membekukan akses bagi para pengguna usia remaja.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Peristiwa ini terjadi di Amerika Serikat (AS). Aplikasi kencan berbasis lokasi tersebut menimbulkan kritikan mengingat banyak dari para penggunanya telah menjadi korban.

“Keamanan komunitas kami menjadi perhatian utama,” kata Chief Executive pengembang aplikasi Christian Wiklund, dikutip dari AFP, Kamis (14/6/2012).

Wiklund mengaku, perusahaannya sudah berupaya aktif memonitor dan menyeleksi pengguna terutama untuk layanan terpisah bagi pengguna di bawah 18 tahun. “Namun kini jelas, hal tersebut tidak mudah dilakukan,” ujarnya.

Dengan lebih dari lima juta pengguna, aplikasi yang memang sengaja tidak dipublikasikan namanya itu menjadi aplikasi kencan berbasis lokasi yang cukup populer.

Awalnya aplikasi ini ditujukan bagi orang dewasa. Namun sejak anak-anak usia 13-17 mulai ikutan menggunakannya, tersedia layanan terpisah versi pengguna di bawah umur.

Rupanya, para pedofilia memanfaatkannya untuk mencari mangsa. The New York Times melaporkan, tiga orang ditangkap setelah diketahui melakukan tindak pemerkosaan terhadap anak-anak yang ‘dijaring’ melalui aplikasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya