SOLOPOS.COM - Aplikasi Mobile Pangan (Mangan) resmi diluncurkan 1 Agustus 2016, untuk memudahkan masyarakat mencari informasi seputar kuliner, khususnya di Kota Solo. Foto diambil Jumat (5/8/2016).(Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Aplikasi smartphone terbaru dibuat oleh mahasiswa UNS dan UGM, namanya Mangan.

Solopos.com, SOLO — Di kalangan para wisatawan kuliner, Kota Solo dikenal dan diakui sebagai salah satu kota di Indonesia yang merupakan gudangnya makanan enak. Beraneka jenis makanan,minuman, maupun jajanan khas Kota Bengawan ini dapat dengan mudah dijumpai di berbagai sudut kota tersebut.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Namun bagaimana wisatawan yang baru kali pertama menginjakkan kaki dan belum mengantongi informasi lengkap seputar kuliner di Kota Solo ini? Jangan khawatir. Sebab, kini ada aplikasi rekomendasi dan informasi kuliner dengan nama Mobile Pangan atau disingkat Mangan, yang merupakan ciptaan lima mahasiswa dari dua perguruan tinggi negeri ternama, yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja.

Dari UNS, ada empat orang, yaitu Amelia Rahman, Hamzah, Ely Desiana, dan Rio Pahlevy, yang merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sedangkan dari UGM, ada Ami Rosemarwati dari Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Ditemui wartawan di Kampus UNS, Jumat (5/8/2016), Hamzah mengemukakan, Kota Solo memiliki potensi terbesar di sektor pariwisata Kota Solo ada pada keanekaragaman kulinernya. Namun saat ini, cukup banyak orang yang tidak memiliki informasi lengkap seputar kuliner di kota asal Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini.

Hamzah bersama rekan-rekannya pun mulai menciptakan aplikasi yang memuat informasi kuliner yang ada di Solo tersebut. Proses pembuatan dimulai Mei lalu. Tepat Senin (1/8/2016) lalu, aplikasi Mangan resmi diluncurkan. Bagi para pengguna Android, aplikasi Mangan ini dapat diunduh di Play Store.

“Aplikasi tersebut memudahkan masyarakat untuk mencari informasi tentang kuliner, khususnya di Solo, dalam bentuk review yang lengkap dan selalu diperbarui,” terang Hamzah.

Mangan terus berupaya mewujudkan tujuannya yakni untuk mengekspor potensi wisata kuliner di Solo. Demi mewujudkan tujuan tersebut, Mangan senantiasa memberikan fitur-fitur terbaik yang memudahkan pengguna. Fitur unggulan Mangan adalah review dan rating, serta informasi tentang lokasi, kontak, menu makanan dan harga.

Terdapat pula fitur pencarian kuliner serta fitur simpan untuk menyimpan kuliner favorit dengan tombol berbentuk daun. Selain itu, terdapat fitur navigasi yang menampilkan peta serta memberikan arahan menuju lokasi.

Mangan memiliki keunggulan-keunggulan yang membedakannya dari media informasi kuliner lainnya. Pertama, Mangan memiliki media dan data yang dikelola sendiri. Kedua,informasi kuliner di Mangan tidak akan pernah tenggelam di lini masa dengan adanya fitur pencarian.

Review

Ketiga, review kuliner berasal dari tim Mangan sendiri. Keempat, pengguna juga dapat memberikan timbal balik berupa review dan rating. Kelima, pengguna dapat mengirimkan rekomendasi kuliner tertentu untuk diulas.

“Saat ini sasaran pengguna aplikasi Mangan adalah masyarakat Solo, pendatang dan wisatawan domestik maupun orang yang akan berkunjung ke Solo,” tambahnya.

Ke depannya, lanjut dia, Tim Mangan akan mengembangkan aplikasi ini agar dapat digunakan dan bermanfaat bagi wisatawan mencaneraga dan masyarakat umum di Indonesia.

“Mangan sangat terbuka untuk kerja sama dengan pelaku usaha kuliner di Solo dengan cara mendaftaran produk kuliner di situs resmi Mangan www.mobilepangan.com. Selain itu, Mangan juga membuka kesempatan bagi pihak lain yang ingin bekerjasama dengan Mangan,” kata Hamzah.

Menurutnya, Tim Mangan menerima setiap masukan baik dari pengguna maupun pelaku usaha kuliner untuk digunakan sebagai acuan pengembangan fitur agar aplikasi Mangan dapat semakin mudah digunakan dan memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam berwisata kuliner serta memudahkan pelaku usaha kuliner untuk mengenalkan produk kulinernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya