SOLOPOS.COM - Peluncuran laptop terbaru Lenovo di Jakarta, Kamis (22/1/2015). (Rahmatullah/JIBI/Bisnis)

Aplikasi terbaru Opera Browser membuat baterai laptop menjadi lebih awet.

Solopos.com, SOLO — Laptop selalu tak lepas dari isu low battery. Apalagi, pasti Anda sering mengalami masalah low battery saat sedang asyik-asyiknya Internetan lewat browser.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Seperti dikutip dari Mirror, Senin (16/5/2016), ada satu trik jitu agar Anda dapat mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan Opera browser. Perusahaan teknologi itu telah menghadirkan mode power-saving di browser-nya.

Mode power saving dipercaya dapat menghemat daya baterai laptop pengguna hingga 50%. Bahkan, pengguna bisa menikmati browsing Internet dalam waktu berjam-jam tanpa harus melihat bar baterai.

Caranya sangat mudah. Pastikan Anda sudah mengunduh browser Opera di laptop Anda. Setelah Anda membuka browser, klik ikon baterai di sudut kanan atas dan tap pilihan turn on to save battery power. Seketika, mode power saving aktif.

Setelah Anda asyik browsing selama berjam-jam, fitur ini akan memberikan notifikasi otomatis bila baterai Anda sudah berada di angka 20%. Hasil dari fitur tersebut juga dinilai sangat efektif bagi sebagian besar pengguna laptop yang suka Internetan. Selamat mencoba.

Fitur penghemar baterai Opera baru bisa diaktifkan saat pengguna mencabut charger laptopnya, ditandai dengan munculnya ikon kecil pada bagian kanan atas browser, yang harus diklik untuk mengaktifkannya. Perlu diingat, sementara fitur ini baru tersedia di browser Opera versideveloper.

Klaim hemat daya sebanyak 50% ini didapat dari pengujian yang dilakukan secara internal oleh aplikasi Opera. Metodenya adalah dengan membuka 11 situs populer, termasuk Youtube, men-scroll tiap situs itu sebanyak lima kali, meninggalkannya selama semenit, kemudian menutup tab. Langkah-langkah ini diulang sampai laptop kehabisan baterai.

Seperti dikutip dari Okezone, Senin, mengenai  browser aplikasi Opera juga akan mendeteksi ketika baterai laptop sudah menipis dan akan menyarankan untuk mengaktifkan mode hemat daya.

Peningkatan kinerja pada versi pengembang dari aplikasi Opera 39 ini membawa perbaikan kinerja lebih banyak lagi yang akan memperpanjang usia baterai laptop pengguna. “Dalam hasil pengujian yang kami lakukan dan dirancang untuk mencerminkan cara orang menggunakan browserdi kehidupan nyata. Versi pengembang Opera terbaru mampu berjalan 3 jam lebih lama dari browser seperti Google Chrome di laptop yang menjalankan Windows 10, 64-bit,” tandas Krystian.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya