SOLOPOS.COM - Peluncuran Smartfren Andromax (Okezone)

Aplikasi terbaru Smartfren meluncurkan Smart VoLTE.

Solopos.com, JAKARTA — Seiring tumbuhnya teknologi 4G LTE, muncul juga yang namanya Voice over LTE (VoLTE). Namun karena belum banyak perangkat yang mendukung, Smartfren menjawabnya dengan menyiapkan aplikasi terbaru Smart VoLTE.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Smart VoLTE adalah aplikasi terbaru yang bisa diunduh bebas di Google Play. Fungsi aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk merasakan layanan VoLTE meski ponsel yang dipakai belum mendukung VoLTE secara hardware.

Bisa dibilang cara kerja aplikasi terbaru Smart VoLTE sama dengan Skype atau aplikasi lainnya yang menyodorkan fungsi serupa, yang membedakan, pengguna wajib menggunakan kartu perdana Smartfren 4G. Berarti ponsel yang digunakan juga harus yang mendukung jaringan Smartfren 4G.

Tapi meski berbasis data, aplikasi terbaru Smart VoLTE tak akan memakan kuota data pengguna. Smartfren menyebut panggilan yang dilakukan melalui Smart VoLTE secara otomatis akan dikenakan tarif telepon biasa.

“Selain itu meski sama-sama pakai data, panggilan melalui jalur VoLTE punya jalur khusus sendiri. Tidak terganggu dengan jalur data reguler, sehingga suara yang dihasilkan jernih berkualitas HD dan juga stabil,” kata Chief of Brand Smartfren, Roberto Saputra, seperti dikutip dari Detik, Sabtu (16/4/2016).

Selain sekadar halo-halo, kelebihan yang juga bakal ditawarkan aplikasi terbaru Smart VoLTE adalah kemampuan untuk video call, dan conference call, serta video conference.

Sayang meski sudah dilempar ke publik via Google Play, aplikasi terbaru Smart VoLTE masih dalam status uji coba. Smartfen baru akan meluncurkannya secara luas beberapa waktu ke depan.

Selain itu seperti dikutip dari Okezone, Sabtu, untuk menggunakannya, pengguna harus memiliki ponsel yang mendukung band 5 dan band 40, serta memiliki pengaturan model LTE-only. Tidak lupa, Anda harus menggunakan simcard Smartfren 4G dengan parameter VoLTE.

Untuk tarifnya sendiri, layanan ini akan menggunakan tarif bicara reguler Smartfren, sehingga pengguna dapat melakukan video Call tanpa perlu mengkhawatirkan kuota data. Jadi dipastikan, tarif panggilan melalui VoLTE masih dalam jangkauan masyarakat.

Untuk smartphone yang dapat menggunakan layanan ini antara lain Smartfren E dan R Series, Samsung Tablet S2, Wiko Ridge 4G Fever Hisense Pureshot, Motorola Nexus 6, Samsung S7, Lenovo A6010, Sony Experia Z3, dan Asus Zenfone 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya