SOLOPOS.COM - Logo Facebook (ilustrasi)

Aplikasi terpopuler 2015 diraih oleh Facebook.

Solopos.com, SOLO – Facebook, Youtube, dan Facebook Messenger menjadi tiga aplikasi smartphone terbesar yang paling banyak diakses di seluruh dunia. Data tersebut diperoleh dari perusahaan penelitian dan riset global, Nielsen, yang dirilis Kamis (17/12/2015) lalu. Nielsen merilis 10 aplikasi terpopuler di seluruh dunia dengan pengumpulan data sejak Januari hingga Oktober 2015.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sosial media bikinan Mark Zuckerberg tersebut masih tak terkalahkan dari tahun sebelumnya. Sedangkan pada 2013, Google menempati urutan pertama, yang disusul Facebook di posisi kedua. Nielsen menulis, hingga saat ini, situs jejaring sosial terbesar itu rata-rata mencatat lebih dari 126 juta pengguna unik setiap bulannya. Pertumbuhan jumlah pengguna tersebut naik sekitar 8 persen dari tahun lalu.

Sebelumnya, pada November kemarin, Facebook merilis angka pengguna aktif bulanan sebanyak 1,55 miliar. Jumlah tersebut terhitung per 25 September, dengan peningkatan 14 persen dari 2014. Facebook juga mengkonfirmasi pengguna aktif via mobile sebanyak 1,39 miliar, meningkat 23 persen. Data yang dirilis tersebut juga mencerminkan mengapa Facebook berada di posisi teratas berdasar pendataan Nielsen.

Sedangkan Youtube menempati posisi kedua dengan rerata lebih dari 97 juta pengguna aktif setiap bulannya. Pertumbuhan dari tahun ke tahun sekitar lima persen untuk aplikasi berbagi video itu. Layanan obrolan dari Facebook, yakni Facebook Messenger menyusul pasangannya di urutan ketiga. Aplikasi ini diunduh oleh 96 juta pengguna.

Pada posisi ke-4 hingga ke-7, Google menempatkan tiga aplikasi miliknya lewat Mesin Penelusuran Google, Google Maps, dan Gmail. Aplikasi pencari Google digunakan oleh 95 juta orang, dengan peningkatan tiga persen dari tahun lalu. Sementara Google Maps dan Gmail masing-masing memiliki lebih dari 87 juta dan 75 juta pengguna aktif.

Sosial media Instagram menyusul di urutan ke-8 dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 55 juta orang. Sedangkan, posisi kesembilan dan kesepuluh di Nielsen Top Smartphone Apps 2015 adalah Apple Music dengan lebih dari 54 juta pengguna dan aplikasi Maps by Apple dengan rata-rata lebih dari 46 juta pengguna unik per bulan.

“Aplikasi dengan perubahan tertinggi dari tahun ke tahun adalah Facebook Messenger dengan peningkatan 31 persen pada pengguna dari 2014, dan Apple Music, dengan pertumbuhan 26 persen,” tulis Nielsen.

Perusahaan informasi yang berdiri sejak 1923 itu setiap bulannya selalu merilis data pengguna aplikasi telepon pintar. Berdasar hasil riset terakhir di Indonesia pada Oktober 2015, aplikasi chatting Blackberry Messenger menempati urutan pertama Top 10 List Smartphone Apps. Urutan kedua diisi oleh aplikasi obrolan asal Korea Selatan, Line dan jejaring sosial Facebook menyusul di posisi ketiga.

Layanan chatting ketiga yang paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia adalah Whatsapp Messenger. Kemudian, aplikasi terbanyak yang diunduh selanjutnya adalah Google Chrome. Satu-satunya aplikasi permainan di daftar tersebut yakni, Clash of Clans by Supercell yang berada di urutan ke-6.

Sesudah itu, sosial media berbagi gambar dan video singkat Instagram dan aplikasi perambah UC Browser di daftar ke-7 dan ke-8. Terakhir pada peringkat ke-9 dan ke-10, ditempati oleh aplikasi berbagi video Youtube dan browser Opera Mini.

Aplikasi smartphone (nielsen)

Aplikasi smartphone (nielsen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya