SOLOPOS.COM - Logo Instagram (Instagram.com)

Aplikasi terpopuler 2016 diprediksi tak jauh beda dari 2015 yakni bersifat unjuk gigi.

Solopos.com, SOLO – Media sosial masih menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh oleh remaja Indonesia. Pada 2015 ini beberapa jejaring sosial jenis baru seperti Periscope dan Snapchat memunculkan fitur yang lebih menarik dibanding lainnya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dua jejaring tersebut menampilkan video live streaming dari si pengguna kepada pengikutnya. Kendati begitu, popularitas media sosial tersebut masih kalah dibanding jejaring sejuta umat, Facebook.

Aplikasi lain yang juga mulai digemari adalah Dubsmash, Musically, dan Viral Video. Aplikasi tersebut membawa selfie ke level videografi. Pengguna dapat merekam aktivitasnya dengan tambahan editing musik, dubbing, mempercepat dan memperlambat gerak video, hingga menumpuk emotikon pada video.

Selain itu, keberadaan layanan streaming musik gratis turut membuat tindakan pembajakan lagu menurun. Apple Music, Mix Radio, dan Joox adalah beberapa di antara aplikasi streaming musik online yang disambut antusias para anak muda. Aplikasi lain yang enggak kalah digemari pemakai smartphone adalah game online, seperti Clash of Clans, Line Get Rich, dan Duel Otak.

Menilik fenomena tersebut, Ketua Komunitas Android Solo, Erwin Christanto memprediksi media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Path tidak akan ditinggalkan pada 2016 mendatang. Justru, media sosial berformat video yakni Periscope, Snapchat, Musically, dan sejenis bakal makin berkembang, mengingat operator memperluas cakupan jaringan 4G.

“Permainan online seperti Clash of Clan akan kedatangan saingan. Pengembang tentu bakal memikirkan fitur-fitur lain yang sebelumnya tidak ada. Aplikasi lain yang enggak boleh dipandang sebelah mata adalah layanan belanja online seperti Buka Lapak, Shoope, Lazada, Blibli, dan sebagainya,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (29/12/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya