SOLOPOS.COM - ligaponsel

ligaponsel

ligaponsel

Bagi pencinta gadget, perseteruan antara raksasa Apple dan Samsung nyaris seperti perkembangan teknologi yang wajib di-update. Wajar apabila media massa tak pernah absen untuk mengulasnya. Lebih menarik lagi, meski kritik pedas antara keduanya kerap terlontar hingga saling tuding terkait pelanggaran hak cipta telah beberapa kali membuat keduanya saling berhadapan di pengadilan, toh Apple-Samsung tetap saling membutuhkan.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Ya, sebagaimana diketahui untuk jeroan sejumlah Iphone, Ipod touch maupun Ipad-nya, Apple hingga saat ini memang belum mampu memroduksinya sendiri. Sehingga bukan rahasia lagi apabila vendor dari Negeri Paman Sam ini sangat bergantung kepada sang rival Samsung sebagai penyedia chipset-nya.

Dilansir vibiznews, Selasa (16/7/2013), sejak 2007 Apple memang telah menjadi pelanggan Samsung dalam memproduksi chip perangkatnya. Namun, Samsung harus kehilangan kontrak tersebut sejak tahun lalu karena Apple lebih memilih Taiwan Semiconductor Manufactor Corporation (TSMC) untuk membuat chip A8 dengan 20 nano. Pemutusan hubungan kerja ini dilatar belakangi perseteruan hak paten antara keduanya.

Sayangnya, kerja sama antara Apple dengan TSMC hanya seumur jagung. Kini Samsung kembali menggeser pembuat chip asal Taiwan tersebut setelah pihaknya berhasil unggul dalam teknik pembuatan 14 nano model. Kabar yang beredar menyebut produsen smartphone asal Korea Selatan itu nantinya akan membuat chipset berteknologi 14 nano, A9 besutan Apple. Samsung sendiri baru mulai memproduksi chip A9 pada 2015 nanti untuk kemudian diluncurkan pada pertengahan tahun. Kabarnya chip itu akan digunakan Apple untuk perangkat iPhone 7.

Selanjutnya seperti dikutip dari ligaponsel, laporan yang dilansir The Korea Ekonomic Daily menyebut kesepakatan antara Apple dan Samsung ditandatangani pada 14 Juli 2013. Secara spesifik kesepakatan tersebut berbicara mengenai perakitan cip A9 14-nanometer mulai 2015.  Klaim ini muncul setelah TSMC mengonfirmasi kesepakatan dengan Apple untuk mulai memproduksi cip A-series pada 2014. Prosesor baru Apple itu menurut kesepakatan akan menggunakan proses pembuatan 14 nano FinFET technology.

Meski mengejutkan, kabar mengenai chip besutan Samsung untuk Apple ini sebenarnya bukan kali pertama. Sebelumnya, Apple juga dikabarkan mengandalkan Samsung untuk memproduksi layar Ipad terbarunya. Dengan adanya kerja sama yang saling beruntun ini, komitten Apple untuk mengurangi ketergantungan kepada sang rival nampaknya tak terbukti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya