SOLOPOS.COM - Ilustrasi iPhone 15 (Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 24 model iPhone akan mendapat pembaruan iOS 18 yang segera diluncurkan. Rencananya, iOS 18 ini akan diluncurkan oleh Apple pada 10 Juni 2024 di acara Worldwide Developers Conference (WWDC).

Sistem operasi terbaru ini dikabarkan akan menjadi yang paling canggih dibandingkan pendahulunya. iOS 18 akan membawa banyak fitur baru yang didukung oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Bocoran Update iOS 18

Bisnis mengutip The Indian Express, berikut ini sederet bocoran update iOS 18 yang akan diperkenalkan oleh Apple:

1. Siri dan Safari yang Didukung AI

CEO Apple Tim Cook sudah menjelaskan bahwa iOS 18 akan mengemas beberapa fitur baru yang didukung oleh AI. Meski tak membagikan informasi tentang apa yang bisa menjadi fitur-fitur tersebut, laporan terbaru dari AppleInsider menyarankan bahwa fokusnya akan pada peningkatan Siri yang merupakan asisten suara default di iPhone.

Rumornya, Siri akan segera dapat menganalisis dan merangkum teks dengan aplikasi pesan.

Menurut Bloomberg, asisten suara tersebut mungkin juga akan mendapatkan kemampuan untuk mengisi teks secara otomatis dalam pesan, menjawab pertanyaan kompleks, dan integrasi aplikasi chortcuts yang diperbaiki untuk mengotomatisasi tugas-tugas kompleks.

Publikasi tersebut sebelumnya juga telah mengisyaratkan bahwa Apple sedang mengerjakan fitur “Pencarian Cerdas” untuk Safari yang mungkin memungkinkan pengguna iPhone untuk dengan cepat merangkum halaman web menggunakan model bahasa besar AI buatan dalam negeri Apple atau Ajax. Ajax juga dikabarkan akan memberi tahu pengguna sebelum mengakses data Anda dari Safari dan pesan.

2. Menu baru dan edit foto pakai AI

Pembaruan yang lainnya yakni berada pada menu Photos yang juga dirumorkan akan dibekali fitur edit foto bertenaga AI. Kemudian pengguna juga akan merasakan pengalaman mengakses Home Screen baru. Karena pengguna bisa membuat ruang kosong antar-ikon aplikasi sehingga pengguna bisa memiliki kebebasan menata aplikasi di Home Screen.

 

3. Dukungan RCS

Selama bertahun-tahun, Apple telah tetap setia dengan iMessage propieternya, tetapi awal tahun ini, raksasa teknologi tersebut mengumumkan akan mendukung protokol Rich Communication Services (RCS) dengan iOS 18. Artinya, pengguna iPhone akan dapat menggunakan perangkat Android dan berbagi video dalam kualitas tinggi.

4. Revamp Visual

Rumor lain juga menyebut bahwa iOS 18 mungkin akan mengambil beberapa inspirasi dari visionOS, perangkat lunak yang menggerakkan Apple Vision Pro. Jika rumor ini benar, maka pengguna akan melihat beberapa modifikasi elemen seperti ikon-ikon lingkaran, antarmuka pengguna transparan yang menyatu dengan sistem operasi, dan pusat kontrol yang diperbarui.

Pembaruan ini juga dikatakan akan membawa beberapa fitur kustomisasi baru seperti lebih banyak kontrol atas susunan ikon aplikasi dan kemampuan untuk membuat ruang kosong, baris, dan kolom di layar utama.

 

Daftar iPhone yang Kebagian Update iOS 18

Nantinya, pembaruan sistem operasi ini tidak bisa dipakai untuk semua ponsel Apple. Diprediksi, iOS 18 hanya bisa dipakai untuk seri iPhone X ke atas.

Mengutip GizmoChina, iOS 18 akan diberikan untuk 24 model iPhone yakni:

  1. iPhone 15 series
  2. iPhone 14 series
  3. iPhone 13 series
  4. iPhone 12 series
  5. iPhone 11 series
  6. iPhone XS
  7. iPhone XS Max
  8. iPhone XR
  9. iPhone SE 2
  10. iPhone SE 3

Kemudian akses iOS 18 versi beta baru juga akan tersedia untuk pengembang saja. Versi beta ini diberikan dengan tujuan menguji dan menyempurnakan fitur sebelum dirilis secara publik.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “iOS 18 Rilis 10 Juni, Ini Update yang Akan Diberikan oleh Apple”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya