SOLOPOS.COM - Ilustrasi (computeractive.co.uk)

Solopos.com, NEW YORK – Sistem operasi Android ternyata punya celah yang bisa dimanfaatkan hacker untuk melakukan spionase. Hacker bisa menyusup untuk mempergunakan perangkat kamera untuk memata-matai.

Ahli teknologi dan blogger Szymon Sidor baru-baru ini mengunggah sebuah video mengejutkan di youtube. Seperti dilansir Techno Crunch, Jumat (23/5/2014), Szymon mempublikasian celah di Android yang memungkinkan hacker memata-matai pengguna melalui perangkat kamera ponsel mereka tanpa disadari oleh si korban.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Prosesnya dimulai dari sebauh aplikasi di Play Store.Szymon membuat sebuah aplikasi dan memasangnya di perangkat Android. Paparan teknis yang dikemukakan Szymon mengungkap kamera dapat menyala tanpa sepengetahuan pemilik.

Anda tak perlu panik. Aplikasi Szymon ini tidak benar-benar nyata di Play Store. Dia hanya mempergunakan aplikasi ini untuk mendemonstrasikan celah dalam Android. Dia menyimpulkan,aplikasi Android masih memiliki celah untuk disusupi.

Singkatnya, Szymon menyimpulkan bahwa aplikasi Android mampu mengambil foto tanpa memperingatkan pengguna dan mampu mengirim foto melalui Internet ke server pribadi. Sidor sendiri telah memperlihatkan bukti video yang memperlihatkan cara kerja aplikasi yang memanfaatkan celah kecil itu.

Szymon menyarankan jangan sembarangan memasang aplikasi yang tidak jelas sumbernya. Dia juga meminta pihak Android segera menutup celah ini.

http://www.youtube.com/watch?v=sDzs6y4JVok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya