SOLOPOS.COM - Ilustrasi WhatsApp. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Siapa yang tak kenal dengan aplikasi GB WhatsApp? Aplikasi yang satu ini cukup familiar di kalangan masyarakat sebab, rating atau penilaian pengguna yang dianggap cukup baik sehingga digadang mampu menyaingi kedudukan dan kecanggihan aplikasi WhatsApp original.

Tak heran jika GB WhatsApp menyaingi kedudukan WhatsApp original, sebab fitur fasilitas yang ditawarkan pihak pengelola WA GB lebih canggih dan sangat menarik dibandingkan fitur dan fasilitas yang terkandung dalam WhatsApp original.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Apa Itu Aplikasi GB Whatsapp?

Seperti diulas lpmpjambi.id bahwa aplikasi GB WhatsApp merupakan aplikasi turunan atau hasil modifikasi dari aplikasi WhatsApp yang asli. Jika dikatakan sebagai aplikasi turunan sudah jelas jika aplikasi GB WhatsApp bersifat ilegal atau tidak resmi dan tentunya tidak tersedia dalam platform resmi Google Playstore. Meskipun digadang sebagai aplikasi tiruan dan bersifat tidak resmi tetap saja aplikasi ini tidak sepi pengguna.

Baca Juga: Kirim WhatsApp ke Nomor Sendiri Ternyata Bisa, Begini Hlo Caranya

Risiko Besar Menanti Pengguna GB WhatsApp

Meskipun memiliki fitur dan fasilitas yang sangat canggih dan menarik dibandingkan aplikasi WhatsApp original, nyatanya GB WhatsApp memiliki risiko bahaya yang sangat tinggi.

Jika dibandingkan antara besarnya kelebihan dan bahaya yang ditimbulkan, maka jawabnya ialah lebih besar risiko atau dampak negatif yang dimilikinya di antaranya adalah:

1. Rentan Disusupi Virus atau Malware

Fakta mengungkapkan bahwa GB WhatsApp sangat rentan menyuntikkan virus atau malware pada perangkat. Apabila perangkat telah terindikasi mengandung malware maka akan berpotensi buruk bagi data yang terkandung dalam sebuah perangkat.

2. Akun Berpotensi Diblokir WhatsApp

Risiko kedua yang menanti ialah akun diblokir pihak Whatsapp. Jika pihak WhatsApp original mengetahui bahwasannya akun dengan nomor telepon user terdaftar sebagai user GB WhatsApp, maka pihak WhatsApp original akan segera memblokir akun hingga penggunaan di masa mendatang.

Baca Juga: Begini Cara Share Lokasi Akurat Lewat WA

3. Tidak Terenkripsi

Pada WhatsApp original, terdapat fitur end-to-end encryption yang berfungsi untuk melindungi kegiatan pengguna selama menggunakan aplikasi WhatsApp agar selama kegiatan di platform tidak dapat dibajak siapa pun.

Hal ini berbeda dengan GB WhatsApp yang dimana kegiatan pengguna rentan dibajak, dilihat oleh oknum lain yang berusaha mengambil data penting pengguna.

4. Banyak Iklan

Iklan dalam aplikasi ini rentan mengandung virus dan terkadang bersifat menggiring pengguna menuju situs berbahaya dan negatif.

5. Tidak dapat melakukan pembaruan

Update dalam GB WhatsApp sangat sulit karena masih membutuhkan banyak tahapan tidak otomatis layaknya WhatsApp original.

Baca Juga: 3 Cara Bikin Link WhatsApp dengan Mudah, Bisa Langsung Chat Tanpa Simpan Nomor

Itulah ulasan singkat terkait bahaya mengintai bagi pengguna GB WhatsApp.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya