SOLOPOS.COM - Ilustrasi Artificial Intelligence (Antara)

Solopos.com, JAKARTA-Perkembangan layanan percakapan dengan mesin (chatbot) hasil kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) kian meluas.

Setelah OpenAI membikin Chat GPT dan Google menyiapkan Bard, kini Baidu Inc akan meluncurkan ERNIE Bot yang mirip dengan ChatGPT.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Menurut raksasa pencarian daring China, Baidu itu akan meluncurkan layanan chatbot “ERNIE Bot” setelah merampungkan pengujian internal pada Maret.

Chatbot tersebut saat ini sedang melalui tahap akhir persiapan. Setelah beroperasi, layanan itu akan bekerja dengan cara yang mirip dengan ChatGPT yang dikembangkan oleh perusahaan AS, OpenAI. Chatbot ini dapat menghasilkan teks seperti manusia berdasarkan input.

Dikutip Solopos.com dari Antara, Rabu (8/2/2023) CEO Baidu, Robin Li, mengidentifikasi perubahan dalam pengembangan AI di tingkat teknologi dan aplikasi bisnis pada September 2022.

Perusahaan tersebut mencatat bahwa mereka memiliki semua teknologi yang diperlukan terkait dengan proyek ChatGPT, dengan tata letak full-stack pada kerangka kerja AI, termasuk cip, kerangka pembelajaran mendalam, model besar, dan aplikasi pencarian.

Baidu terus berupaya selama bertahun-tahun untuk mengembangkan kecerdasan buatan. Pada Maret 2019, Baidu mengusulkan kerangka kerja ERNIE, yang memadukan pengetahuan berdasarkan pembelajaran mendalam dan kemampuan pembelajaran berkelanjutan, demikian Xinhua dikutip Selasa.

Seperti diberitakan, perusahaan induk Google Alphabet Inc memperkenalkan chatbot berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) yang mereka beri nama Bard, pesaing ChatGPT.

“Bard menggabungkan pengetahuan dunia yang luas dengan kekuatan, kecerdasan, dan kreativitas AI kami,” kata CEO Alphabet Inc Sundar Pichai, seperti dikutip Antara dari Reuters, Selasa (7/2/2023).

Bard saat ini sedang diuji coba untuk mendapatkan umpan balik. Google, kata Pichai, akan menambahkan fitur AI ke mesin pencari untuk menjawab pertanyaan yang kompleks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya