SOLOPOS.COM - Ilustrasi membersihkan oven listrik. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Memasak dengan oven listrik pasti akan meninggalkan sisa-sisa yang dapat menjadi kerak, karena itu ketahui cara membersihkannya agar peralatan masak kamu ini kembali kinclong. Simak ulasannya di tips teknologi kali ini.

Jika tidak dibersihkan, kerak sisa proses memanggang bisa saja memicu api. Noda dan kotoran sekecil apa pun mampu membuat oven jadi mudah berkarat dan tidak tahan lama jika tidak segera dibersihkan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Inilah yang membuat mau tidak mau kamu harus membersihkan sampai ke remahan terkecilnya. Jika tidak dibersihkan, bisa-bisa kerak semakin membandel dan semakin susah untuk dihilangkan.

Berikut ini cara membersihkan oven listrik dari kerak membandel seperti dikutip dari id.sharp pada Sabtu (14/1/2023):

1. Lepaskan Rak Besi pada Oven

Pertama-tama, kamu harus melepaskan terlebih dahulu rak besi oven agar dapat membersihkan bagian oven dan rak besinya secara terpisah.

2. Bersihkan Bagian dalam Oven

Cara selanjutnya, kamu baru bisa mulai membersihkan bagian dalam oven listrik. Saat membersihkannya, baiknya gunakan baking soda. Kamu dapat menggunakan campuran baking soda dan air. Caranya mudah. Cukup campurkan 4 sendok baking soda dan segelas air, kemudian masukkan ke dalam botol spray.

Kocok sampai larut dan semprotkan ke sudut-sudut oven dan bagian oven yang berkerak. Diamkan selama 1 jam atau sampai kerak menjadi lunak dan mudah dibersihkan. Bersihkan menggunakan lap yang sudah dibasahi menggunakan air hangat.

Selanjutnya, campurkan garam dan baking soda. Metode ini digunakan untuk membersihkan bagian kerak yang membandel, bukan seluruh oven bagian dalam. Saat mencampurkan garam dan baking soda, tambahkan sedikit air sehingga menjadi campuran yang kental seperti krim.

Sesudahnya, semprot bagian berkarat dengan air hangat lalu oleskan campuran baking soda dan garam hingga seluruh kerak tertutup sempurna. Diamkan selama beberapa jam. Kemudian, bersihkan menggunakan lap basah.

Tahap berikutnya yang harus dilakukan, campurkan air, cuka, dan garam ke dalam botol spray. Semprotkan secara merata ke dalam oven. Atur oven ke dalam suhu terendah dan panaskan selama 5 menit. Setelah panas di oven hilang, bereskan menggunakan lap kering.
Kemudian beranjak ke fase ini. Tuangkan perasan lemon ke dalam semangkuk air. Masukkan mangkuk berisi campuran lemon ke dalam oven dan lalu atur dalam suhu tinggi. Panaskan selama 5 menit.

Diamkan terlebih dahulu selama 10 menit berikutnya. Uap dari air lemon akan sangat membantu kamu membersihkan karat dan kerak yang ada di dalam oven. Setelah itu, lap dan bersihkan.

3. Bersihkan Rak Besi

Cara berikutnya yaitu membersihkan rak yang berkerak dengan cairan pembersih oven listrik. Kamu juga bisa menggunakan kulit jeruk nipis yang digosokkan berulang pada bagian kerak.

Selain kulit jeruk, kamu juga dapat menggunakan pasta gigi. Gunakan sikat gigi bekas dan gosokkan ke kerak yang sudah dilumuri pasta gigi sampai kerak hilang. Kamu juga bisa menggunakan sabun pencuci piring untuk membersihkan lemak dan sisa cairan hasil pemanggangan.

4. Bersihkan Bagian Luar

Setelah bagian dalam oven beres, kamu dapat membersihkan bagian luar oven menggunakan sabum pencuci piring dan spons. Kamu juga bisa menggunakan lap yang sebelumnya dicelupkan ke dalam air hangat terlebih dahulu.

5. Keringkan dan Pasang Seperti Semula

Oven kini sudah bersih. Tapi masih ada yang perlu dilakukan. Bersihkan oven dengan lap kering dan biarkan sampai semua permukaan mengering. Letakan rak besi di tempat semula. Setelah selesai, onven sudah siap untuk digunakan kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya