SOLOPOS.COM - Ilustrasi lulusan membawa ijazah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Heboh soal ijazah palsu Presiden Joko Widodo, sebenarnya ada cara mudah untuk mengecek ijazah asli atau palsu secara online. Simak ulasannya di tips teknologi kali ini.

Masalah keaslian ijazah kelulusan Presiden Joko Widodo  yang dianggap mencurigakan sudah beberapa kali meramaikan dunia maya. Bahkan rektor UGM telah angkat bicara terkait keaslian ijazah tersebut.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Ijazah merupakan salah satu dokumen penting yang sering digunakan sebagai syarat mendaftar sekolah, melamar pekerjaan hingga promosi atau kenaikan jabatan. Namun, di era modern saat ini banyak ditemui oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memalsukan tanda kelulusan ini.

Baca Juga: Akui Format Tulisan Berbeda, Rektor UGM Tegaskan Ijazah Jokowi Asli

Ada sejumlah cara mengecek ijazah asli atau palsu secara online, berikut ini ulasannya seperti dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (12/10/2022):

1. SIVIL

Melakukan pengecekan nomor ijazah bisa dilakukan secara daring dan legal. Untuk memastikan ijazah tersebut asli, Anda dapat melalukan verifikasi melalui situs resmi Kemendikbud di SIVIL atau Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik. Pengecekan ini dilakukan dengan memasukkan nomor seri ijazah yang terdapat pada bagian kanan atau tengah atas.

Dikutip dari Bisnis.com, Rabu (12/10/2022), cara cek ijazah dikti menggunakan SIVIL:

– Buka situs resmi SIVIL Kemendikbud.

– Nantinya kamu akan langsung diarahkan home SIVIL yang meminta Anda memasukkan nama Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah, dan Angka Pengaman

Baca Juga: Rektor Tegaskan Jokowi Benar-Benar Alumnus Fakultas Kehutanan UGM

– Masukkan perguruan tinggi dan nomor ijazah

– Jangan lupa masukkan jawaban di kolom ‘Angka Pengaman’ untuk melakukan verifikasi

– Klik ‘verifikasi’ dan hasil pengecekan ijazah akan keluar di layar

– Jika nomor ijazah terdaftar oleh Dikti, maka data akan terlihat di layar. Namun apabila ijazah tidak terdaftar, maka akan keluar informasi “Data tidak ditemukan di pangkalan Dikti, silahkan menghubungi perguruan yang bersangkutan”.

2. PDDikti

Selain melalui portal SIVIL, kamu juga bisa mengecek ijazah asli atau ijazah palsu secara online melalui aplikasi Pencarian Data Mahasiswa dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, tata caranya sebagai berikut:

– Klik https://pddikti.kemdikbud.go.id/.

– Klik Pencarian Spesifik pada kolom pencarian.

– Masukkan Data Lengkap. Mirip dengan website sebelumnya, yakni kamu harus memilih nama perguruan tinggi yang dimaksud, pilih program studi atau jurusannya, kemudian memasukkan kata kunci, bisa berupa nama mahasiswa atau nomor induk mahasiswa. Lalu, klik “I’m not a robot”, dan klik tombol Cari.

Baca Juga: Penggugat Jokowi terkait Dugaan Ijazah Palsu Pernah Dihukum Tiga Tahun

– Jika kamu tidak memiliki informasi lengkap, kamu cukup menuliskan nama mahasiswa yang dimaksud pada kolom pencarian sebelumnya. Dengan begitu akan keluar hasil pencarian dengan nama yang sama atau mirip. Kamu bisa melihat daftar nama yang ada pada hasil pencarian untuk menemukan informasi yang lebih detail.

– Apabila data yang dimasukkan sesuai, akan keluar Hasil Pencarian Mahasiswa dengan daftar informasi yang cukup detail. Kamu bisa mengetahui biodata mahasiswa tersebut, nomor ijazah, kapan memulai pendidikan di bangku kuliah, tanggal lulus, hingga riwayat pendidikannya.

– Untuk melihat nomor ijazah yang ada di lembar ijazah yang biasanya berada di bawah depan lembar ijazah.

3. Data Kemdikbud

Kamu juga bisa melakukan pengecekan keaslian ijazah melalui situs Data Kemdikbud. Namun, situs ini tidak bisa untuk mengecek ijazah perguruan tinggi hanya meliputi ijazah SD, SMP, dan SMA. Berikut cara melakukan pengecekan ijazah melalui situs Data Kemdikbud:

– Pertama buka browser melalui HP atau perangkat lain yang kamu miliki.



Baca Juga: Jokowi Digugat Dugaan Ijazah Palsu, Istana: Jangan Nge-prank Penegak Hukum

– Lalu kunjungi situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id/

– Kemudian masukkan data NISN, nama ibu kandung dan kode captcha. Pastikan semua data telah diinput secara lengkap dan benar.

– Klik Cari Data, tunggu beberapa saat, nanti akan muncul data dari NISN yang terdaftar.

– Beberapa orang mungkin mengalami kendala saat melakukan pengecekan keaslian ijazah. Hal ini biasanya disebabkan oleh nomor ijazah yang kurang valid atau tidak terdaftar. Oleh sebab itu, Anda bisa konfirmasi ke bagian pihak sekolah untuk memastikan nomor ijazah yang tertera apakah sudah sesuai atau belum.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya