SOLOPOS.COM - Aplikasi Simpeg dari Mekari Talenta. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Simpeg adalah kependekan dari Sistem Informasi Kepegawaian yaitu sebuah sistem untuk memberikan berbagai macam informasi terkait data karyawan di sebuah perusahaan atau instansi. Biasanya saling berinteraksi guna mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan bahkan kini bisa menggunakan aplikasi Simpeg untuk mengelola data karyawan.

Simpeg biasanya menangani sistem pengelolaan terkait data karyawan, terutama mencakup pendataan karyawan, proses perencanaan, BKD, formasi kepegawaian, penggajian, mutasi pegawai, sistem pelaporan, hingga penilaian angka kredit.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Apa Itu Aplikasi Simpeg?

Biasanya sistem dalam aplikasi Simpeg dinamakan sebagai human resource management system atau HRMS. Software Simpeg merupakan software yang digunakan untuk pengelolaan informasi atau data yang berkaitan dengan kepegawaian atau SDM.

Di dalamnya termasuk kinerja SDM, penilaian kinerja karyawan, dan izin atau kehadiran. Manajer HRD biasanya dapat melakukan pengelolaan data karyawan dari profil, data pribadi, hingga gaji dengan menggunakan aplikasi Simpeg.

Tidak hanya itu, tetapi manajer juga bisa memilih orang yang berhak untuk mengelola dan mengakses data karyawan untuk menghindari terjadinya pencurian data. Dengan adanya software Simpeg dapat mempermudah manajer HRD untuk melakukan rekrutmen sekaligus menekan biaya operasional tim HRD.

Jadi, aplikasi Simpeg sendiri memiliki pengertian sebagai sistem software yang bisa membantu perusahaan untuk mengelola berbagai macam aktivitas terkait Sumber Daya Manusia.

Perangkat lunak ini termasuk modul yang terdapat pada sistem ERP. Selain itu, memiliki tiga jenis, di antaranya on promise, mobile, dan cloud.

Apa Saja Fungsi Aplikasi Simpeg?

Aplikasi Simpeg sebagai software yang di dalamnya berfungsi untuk pengelolaan data SDM. Tentu saja hal tersebut wajib dilakukan perusahaan guna mendukung produktivitas kerja dari perusahaan itu sendiri. Ada beberapa manfaat software Simpeg untuk perusahaan, di antaranya:

1. Memaksimalkan Fleksibilitas Pengelolaan Data Karyawan

Mengingat data SDM di perusahaan adalah data personal, tentu saja hanya orang yang memiliki kepentingan dan pihak HRD yang bisa mengakses informasi pada sistem.

Mengingat hal tersebut, maka aplikasi Simpeg dapat berguna untuk mencegah terjadinya pencurian data pegawai dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Biaya Operasional Tim HRD dapat Ditekan

Apabila perusahaan melakukan pengelolaan data karyawan dengan cara manual,sudah pasti biaya operasional tim HRD yang harus dikeluarkan lebih banyak. Karena harus mengeluarkan biaya untuk pembelian pulpen, kertas dan sebagainya.

Namun melalui aplikasi Simpeg, biaya operasional tersebut bisa ditekan. Hal ini mengingat semua aktivitas yang berhubungan dengan informasi atau data SDM bisa ditangani menggunakan aplikasi yang dilakukan secara otomatis.

3. Kinerja Karyawan Bisa Dikontrol Lebih Mudah

Melalui sistem HRM, bisa memudahkan tim HRD dalam melakukan pemantauan karyawan yang memiliki kinerja yang kurang, totalitas dan berkembang. Software ini juga memiliki key performance indicator atau KPI, yang membuat tim HRD bisa mengontrol kinerja pegawai sekaligus membandingkan kinerja.

Tentu saja hal tersebut bisa membantu tim HRD untuk menilai kinerja karyawan dengan lebih mudah memakai aplikasi Simpeg.

4. Pengambilan Keputusan Lebih Optimal

Melalui aplikasi Simpeg, bisa membantu bagian manager HRD untuk melakukan pengambilan keputusan.Hal ini dikarenakan informasi dan data SDM bisa ditinjau lewat sistem otomatis dan terpusat, karenanya manajer bisa mencari karyawan perusahaan yang ikut berkontribusi pada perusahaan.

5. Proses Rekrutmen Lebih Sederhana

Melalui software Simpeg, tentu saja bisa mempermudah pihak manajer HRD untuk Menyusun serangkaian tahap rekrutmen sekaligus kriteria rekrutmen. Tentu saja, hal tersebut bisa membantu tim HRD untuk mencari karyawan, dari tahapan sampai proses perekrutan secara efektif.

6. Dapat Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Aplikasi Simpeg memungkinkan karyawan bisa berkomunikasi secara transparan dan mudah dengan bagian personalia. Selain itu, software ini juga bisa membantu meminimalisasi terjadinya kesalahan saat perhitungan gaji.

Oleh karenanya bisa meningkatkan kepuasan pegawai sekaligus dapat menumbuhkan motivasi lebih tinggi pada karyawan.

7. Melengkapi Data Karyawan

Kebanyakan perusahaan biasanya akan menyimpan dan mengumpulkan semua data lengkap terkait pegawainya. Tujuannya yaitu untuk menyimpan data informasi terkait kontak pertama saat terjadi kecelakaan, urusan pajak, atau yang lainnya.

Seluruh informasi tersebut bisa tersimpan lebih aman menggunakan aplikasi Simpeg. Oleh sebab itu, kenapa HRIS kerap dimanfaatkan sebagai sebuah sumber data karyawan yang cerdas.

8. Self Service bagi Karyawan

Aplikasi Simpeg menghadirkan kemampuan untuk self service kepada para karyawannya. Ini artinya setiap karyawan bisa menangani berbagai macam hal dengan cara mandiri terkait semua data karyawan di perusahaan.

Beberapa layanan tersebut diantaranya untuk memperbarui sistem informasi pribadi, melacak PTO, pengajuan cuti, mengecek sisa kuota cuti, dan sebagainya.

Fitur-Fitur Aplikasi Simpeg

Berbagai macam fitur pada aplikasi Simpeg penting sekali untuk membuat aktivitas operasional usaha lebih lancar. Ini dia fitur-fiturnya :

1. Manajemen Rekrutmen

Dengan adanya fitur ini, maka manajer HRD bisa menyusun seluruh tahapan proses rekrutmen di satu aplikasi saja. Fitur tersebut meliputi verifikasi informasi, evaluasi kemampuan, wawancara, penerimaan dan negosiasi. Melalui drag and drop, maka manajer bisa memindahkan kandidat dari tahapan yang satu menuju tahapan lainnya.

2. Manajemen Payroll

Fitur payroll management pada aplikasi Simpeg adalah fitur terpenting pada sistem HRM. Dalam hal ini setiap karyawan mempunyai jumlah tunjangan, upah, serta pembayaran pajak berbeda. Maka dari itu, proses pendistribusian gaji di perusahaan terbilang sangat kompleks.

Memakai software Simpeg yang menawarkan fitur manajemen penggajian ini, tentu bisa membantu menyederhanakan semua proses. Melalui fitur ini, perusahaan bisa menghitung penghasilan atau upah karyawan otomatis berdasarkan potongan pajak, kinerja, jam kerja dan kehadiran.

Sehingga anda bisa menekan kesalahan perhitungan upah yang minim. Selain itu, anda juga bisa menjadikan slip gaji digital yang tersimpan pada sistem dengan baik.

Laporan mengenai gaji tiap pegawai bisa ditinjau oleh perusahaan hanya melalui satu layar saja. Dengan begitu, manajer HRD bisa memastikan semua data dengan baik tanpa ada yang terlewat.

3. Manajemen Pajak

Manajemen pajak pada aplikasi Simpeg bisa menghitung total pajak dari setiap karyawan di sebuah perusahaan. Melalui sistem ini, perusahaan bisa mengelola dan memonitor semua informasi keuangan dengan mudah, dari NPWP, BPJS Ketenagakerjaan, dan informasi pinjaman bank dari karyawan.

4. Manajemen Waktu

Perusahaan kini tidak perlu harus mencatat kehadiran pegawainya dengan cara manual lewat spreadsheet atau kertas, sebab dengan sistem Simpeg online bisa diintegrasikan dengan kehadiran biometric atau RFID.

Di samping itu, karyawan bisa mengajukan cuti, mengecek jam kerja, mengecek sisa cuti, dengan begitu gaji karyawan bisa dihitung lewat sistem yang otomatis dan akurat.

5. Manajemen Keuangan

Ada berbagai macam biaya yang dikeluarkan perusahaan sekaligus pengembalian dana yang diajukan karyawan bisa ditinjau oleh sistem. Contohnya saja, saat hendak bertemu klien perusahaan, dan menghadiri sebuah acara penting.

Melalui hal ini, maka perusahaan bisa meninjau pengeluaran dan biaya untuk bisnis.



6. Manajemen Penilaian

Software Simpeg berkualitas biasanya mempunyai proses evaluasi secara maksimal. Tujuannya ialah untuk melakukan manajemen penilaian bagi semua karyawan di perusahaan.

Dengan sistem ini, maka tim manajer HRD bisa membuat beberapa lembar evaluasi, diantaranya evaluasi diri, dan skala peringkat untuk semua karyawannya.

Dalam hal ini setiap hasil dari evaluasi tersebut, pihak perusahaan akan meninjau kemajuan para karyawan berdasarkan hasil penilaian di aplikasi.

Macam-Macam Aplikasi Simpeg

Aplikasi Simpeg terbagi ke dalam 3 bagian menurut fungsinya. Jenis-jenis software tersebut juga termasuk yang paling sering digunakan dan banyak dicari perusahaan. Berikut ulasannya :

1. Simpeg Strategic

Aplikasi Simpeg Strategic adalah sebuah perangkat lunak dengan kelengkapan modul terintegrasi untuk membantu pihak perusahaan dalam menyelaraskan strategi dari perusahaan dengan strategi karyawannya. Biasanya strategi dilakukan lewat performa goal alignment dan review.

2. Simpeg Tactical

Biasanya berfungsi menyediakan data-data yang mendukung manajer untuk mengambil keputusan terkait pada alokasi SDM. Selain itu, jenis software Simpeg ini juga akan terintegrasi mengelola semua kebutuhan HRD untuk manpower planning, training, development, dan recruitment.

3. Simpeg Operasional

Jenis Simpeg Operasional adalah modul yang telah terintegrasi untuk pengelolaan keperluan HRD yang berhubungan dengan aktivitas operasional perusahaan. Tim HRD bisa mengelola sistem administrasi karyawan, mengelola absensi, penilaian kinerja, penggajian dan izin.

Fitur-Fitur Aplikasi Simpeg

Ada beberapa fitur aplikasi Simpeg yang ditawarkan, di antaranya :

1. Data Karyawan

Data karyawan biasanya menampilkan seluruh data karyawan lengkap, dari data pribadi, riwayat pendidikan, riwayat pangkat, dan lain sebagainya.



Di dalam fitur ini, umumnya setiap karyawan dapat melakukan edit atau insert data lalu divalidasi bagian kepegawaian.

2. Kenaikan Berkala

Fitur ini biasanya akan memproses pengecekan serta pengajuan kenaikan untuk pangkat berkala secara otomatis. Selain itu juga, melakukan proses penggajian berkala bagi pegawai.

3. Permohonan Cuti

Aplikasi Simpeg biasanya menawarkan fitur untuk pengajuan cuti, yang memungkinkan setiap karyawan dapat mengajukan cuti online lalu disetujui atasan dalam bentuk notifikasi email. Untuk kemudian divalidasi tim kepegawaian.

4. Presensi Pegawai

Presensi pegawai adalah fasilitas yang dapat menampilkan informasi daftar presensi karyawan, entah setiap harinya maupun rekapan setiap bulan. Selain itu, fitur tersebut juga telah dilengkapi oleh penarikan data pada mesin presensi, di antaranya berupa mesin handkey, fingerprint, dan lain sebagainya.

5. Penilaian Kinerja Pegawai

Dalam aplikasi juga terdapat proses penilaian berupa SKP (Sasaran Kinerja Pegawai). Akan tetapi, setiap institusi terkadang memiliki penilaian kinerja karyawan secara khusus, jadi fitur ini membutuhkan penyesuaian terhadap alur penilaian kinerja karyawan berdasarkan institusi.

6. Rekrutmen Pegawai

Setiap unit kerja dapat membuka lowongan pekerjaan berdasarkan kriteria tertentu yang diperlukan. Calon karyawan yang melamar kemudian dapat melanjutkan tahap seleksi pegawai, dari tahap administrasi, tes psikotes, hingga diangkat sebagai karyawan baru.

7. Beban Kerja Pegawai

Fitur ini memungkinkan karyawan untuk menginput rubrik terkait beban kerja karyawan, untuk selanjutnya dilakukan penilaian.

8. Penggajian atau Payroll

Pada fitur ini, perusahaan dapat melakukan manajemen penggajian. Ada proses perhitungan berbagai komponen gaji pada fitur ini, seperti tunjangan, gaji pokok, potongan, honor, lembur, pajak dan pinjaman.

9. Angka Kredit Karyawan

Dalam fitur ini, ada penginputan angka kredit karyawan. Selain itu, ada pula fitur kelengkapan fasilitas simulasi untuk perhitungan nilai di setiap periode.



Jika anda mencari semua fitur dan keunggulan software Simpeg untuk memenuhi semua kegiatan operasional perusahaan, maka anda bisa menggunakan aplikasi Mekari Talenta.

Talenta merupakan salah satu pilihan merk HRIS berbasis software untuk mengelola sumber daya manusia secara praktis dan mudah. Coba gratis aplikasi Simpeg melalui website resmi Talenta sekarang juga!



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya