SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (Freepik).

Solopos.com, SOLO – Salah satu media sosial favorit pengguna HP adalah YouTube. Nah, berikut ini cara hemat data atau kuota internet saat kamu menikmati tayangan di YouTube.

Dengan YouTube, kamu bisa menonton video sesuai dengan keinginan. Tak heran jika menonton YouTube ini sampai lupa waktu. Malah, kamu juga sampai lupa bahwa kuota atau data internet kamu sudah banyak terkuras.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Supaya hal itu tidak terjadi, berikut ini cara hemat data atau kuota nonton YouTube, dikutip dari Firstmedia.

 

Cara Hemat Kuota Nonton YouTube

 

1. Matikan fitur autoplay

Fitur ini beroperasi dengan cara otomatis untuk memulai pemutaran video berikutnya setelah video yang sedang kamu saksikan selesai diputar. Namun, fitur ini bisa menyedot kuota data yang cukup besar jika dibiarkan aktif. Maka dari itu, kamu dapat menonaktifkan fitur Autoplay ini sebagai langkah untuk menghemat kuota kamu.

 

2. Pakai kualitas video yang rendah

Setiap video yang ada di YouTube dapat diakses dalam berbagai kualitas, dari yang terendah 144p hingga yang tertinggi 1080p atau bahkan 4K. Kualitas yang lebih tinggi ini akan mengkonsumsi kuota data lebih banyak. Jadi kamu bisa menurunkan kualitas video ke yang lebih rendah untuk menghemat kuota.

 

3. Aktifkan data saver

Selanjutnya yang bisa kamu coba adalah mengaktifkan fitur data saver yang tersedia di YouTube. Fitur ini akan secara otomatis mengurangi kualitas video yang kamu tonton. Kamu bisa mengaktifkan fitur “Data Saver” ini dengan mengklik ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan, lalu memilih “Data Saver”.

 

4. Unduh video

Kamu juga bisa mencoba fitur unduh video yang dimiliki oleh YouTube. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menghemat kuota dengan menontonnya secara offline. Fitur ini juga tersedia di Android dan iOS.

 

5. Menggunakan Internet Rumah

Kamu juga bisa menggunakan internet rumah sebagai opsi lain untuk menonton video YouTube. Dengan mengandalkan internet rumah, kamu tidak perlu merasa cemas apabila kuota kamu habis.

Pendekatan ini merupakan cara yang optimal untuk menikmati hiburan di YouTube dengan nyaman dan aman, sehingga kamu bisa menikmati berbagai tayangan menarik di YouTube.

Namun kamu harus memastikan bahwa koneksi WiFi yang kamu gunakan benar-benar tanpa batasan.

Demikian beberapa cara hemat kuota nonton YouTube yang bisa kamu coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya