SOLOPOS.COM - Salah satu helikopter produksi Boeing (Antara)

Solopos.com, JAKARTA-Boeing pada Selasa (7/3/2023) mengumumkan perusahaan itu akan memulai produksi 13 helikopter MH-139A Grey Wolf pertama. Produksi ini menyusul pemberian kontrak oleh Angkatan Udara Amerika Serikat senilai USD285 juta untuk pesawat, serta layanan pemeliharaan, dan dukungan.

“Kami bekerja keras untuk memulai pengiriman pada tahun depan,” kata Direktur Program MH139 Boeing, Azeem Khan, dikutip Antara.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Tim MH-139A terdiri dari Boeing sebagai kontraktor utama, dan Leonardo sebagai produsen peralatan asli. Leonardo memproduksi helikopter tersebut di pabriknya di Philadelphia, sementara Boeing bertanggung jawab atas pengadaan dan pemasangan peralatan militer dan dukungan pascapengiriman pesawat itu, menurut pengumuman tersebut.

“Rekan satu tim saya di Leonardo, bersama dengan Boeing, sangat ingin melanjutkan kemitraan kami dan memastikan keberhasilan program MH-139A,” kata Clyde Woltman, Kepala Eksekutif Leonardo Helicopters US, demikian Xinhua.

Ditambahkan dari MH-139A Grey Wolf menggantikan peran heli lawas UH-1N Huey. Grey Wolf tidak lain merupakan versi militer heli AW139 yang dibuat oleh Leonardo di fasilitas Philadelphia, Pennsylvania. Komponen-komponen militer heli ini dipasok oleh kontraktor utama Boeing.

Ditambahkan dari laman Airspace-review, MH-139A Grey Wolf menggantikan peran helikopter lawas UH-1N Huey. Grey Wolf tidak lain merupakan versi militer heli AW139 yang dibuat oleh Leonardo di fasilitas Philadelphia, Pennsylvania. Komponen-komponen militer heli ini dipasok oleh kontraktor utama Boeing.

Grey Wolf akan menjalankan perannya di AFGSC/USAF untuk melindungi dan mendukung pangkalan rudal nuklir balistik antarbenua di Montana, North Dakota, dan Wyoming.

Selain itu, helikopter ini juga akan difungsikan sebagai heli SAR, dukungan angkutan udara, penerbangan uji survival school, angkutan kawasan regional, dan lainnya.

Pengumuman nama Grey Wolf bagi MH-139A dilaksanakan di Pangkalan Udara Eglin pada 19 September 2019 bersamaan dengan penerimaan pertama heli ini oleh USAF di Eglin AFB, Florida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya