SOLOPOS.COM - Tampilan Windows Phone 8.1 (Wpcentral.com)

Solopos.com, NEW YORK — Sistem operasi (OS) Windows Phone menancapkan taringnya di Amerika Serikat (AS). Kini OS besutan Microsoft itu telah mengungguli Blackberry. Hal ini terungkap melalui hasil survei A.C. Nielsen.

Ubergizmo, Minggu (27/4/2014), survei Nielsen mengungkap terjadi peningkatan pangsa pasar pengguna Windows Phone di wilayah AS. Laporan ini menunjukkan pada Kuartal I Tahun 2014, Windows Phone menguasai 3% pangsa pasar sistem operasi mobile di AS. Jumlah tersebut sukses mengungguli Blackberry yang hanya mendapatkan 2% pangsa pasar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Selain menggambarkan pangsa pasar Windows Phone dan Blackberry, survei tersebut juga memperlihatkan dominasi OS Android yang tetap kuat, yaitu pada angka 52%. Sementara di posisi kedua masih ditempati oleh pesaing terberat Android, yakni Apple Ios dengan angka 42%.

Sedangkan untuk vendor perangkat mobile, Apple tetap mendominasi dengan pangsa pasar mencapai 42,5%. Peringkat kedua ditempati oleh Samsung dengan angka 28,7%, selanjutnya LG yang mencapai 7 %. Sedangkan Nokia dan Blackberry sama-sama baru meraih 2%.

Dengan bergabungnya divisi perangkat dan servis Nokia ke Microsoft serta adanya rilis terbaru Windows Phone 8.1 oleh Microsoft diperkirakan nanti perangkat Windows Phone akan terus mengalami peningkatan. Kenaikan pangsa pasar ponsel Windows Phone ini dibantu oleh kontribusi produsen ponsel Samsung dan HTC yang menjual perangkat berbasis Windows Phone.

Kedua perusahaan asal Asia tersebut menyumbang pangsa pasar sebanyak 0,7%. Di mana Samsung menyumbang pangsa pasar 0,3%, sedangkan HTC berkontribusi 0,4%. Windows Phone disinyalir akan terus menunjukkan pertumbuhan yang meski lambat, namun diyakini akan terus mengarah pada tren positif. Terlebih, Microsoft belum lama ini telah merilis update sistem operasi Windows Phone 8.1 yang kabarnya sukses menarik perhatian sejumlah vendor perangkat untuk mengadopsinya.

Windows Phone 8.1 sendiri hadir dengan sejumlah fitur unggulan. Beberapa di antaranya adalah dukungan fitur USB On The Go (OTG), Action Center dan Wifi Sense dan fitur asisten pribadi berbasis navigasi suara yang disebut “Cortana”.

Nama terakhir, Cortana digadang-gadang sebagai teknologi yang memiliki kemampuan belajar dan beradaptasi yang ditenagai mesin pencari Bing. Cortana juga diklaim mampu melakukan interaksi dan mempelajari penggunannya secara pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya