SOLOPOS.COM - Ilustrasi AC rumah (Aquajapanid)

Solopos.com, SOLO-Kalau AC atau air conditioner di rumah tidak dingin, kemungkinan freon bocor. Berikut cara cek freon AC apakah freon bocor atau tidak.

Dikutip dari Aquaelektronik.com, freon habis atau bocor merupakan salah satu penyebab AC tidak dingin. Jadi, jika suatu hari kamu merasa ruangan tidak dingin padahal AC sudah dinyalakan, jangan-jangan freon-nya habis. Untuk memastikannya, kamu perlu mengetahui cara cek freon AC di rumah.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Kamu mungkin sudah pernah dengar tentang freon. Saat melakukan servis AC, salah satu yang diperiksa oleh teknisi biasanya kondisi freon. Tak jarang, AC bermasalah seperti tidak mengeluarkan udara dingin disebabkan oleh kadar freon yang menipis atau bahkan habis.

Freon adalah zat yang bisa membuat AC menghasilkan udara yang lebih sejuk. Zat ini akan berubah bentuk dari cair ke gas dan mengisi ruangan. Kamu mungkin penasaran seperti apa wujud freon.

Faktanya, freon tidak mempunyai bau atau warna dan tidak kasatmata sehingga sulit dikenali. Tapi, keberadaan freon bisa diukur menggunakan alat khusus. Jika freon tidak ada, maka AC tidak bisa menghasilkan udara dingin.

Oleh sebab itu, penting untuk memiliki pengetahuan yang cukup tentang freon. Dengan begitu, bila suatu hari AC tidak berfungsi dengan maksimal, kamu bisa mengecek dulu kondisi freon dan memastikan apakah masalah pada AC tersebut disebabkan oleh kondisi freon.

Seiring dengan penggunaan AC dalam jangka waktu yang lama, suatu saat freon bisa habis. Tapi, kadang freon cepat habis karena terjadi kebocoran. Bila ini terjadi, bisa dipastikan udara dingin tidak bisa menyebar dengan sempurna. kamu pun akan dapat merasakan udara dingin yang dihasilkan AC tidak sama seperti biasanya, atau bahkan tidak dingin sama sekali.

 

Cara cek freon AC di rumah

Saat kamu merasa AC tidak dingin, jangan buru-buru panggil teknisi. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek kondisi freon. Cara cek freon AC tidak sulit, berikut panduannya.

 

Periksa termostat pada unit AC

Langkah ini bertujuan untuk mengecek kadar freon apakah masih ada atau sudah habis.

Periksa suhu udara yang dikeluarkan AC

Cara cek freon AC selanjutnya adalah dengan memeriksa suhu udara yang dikeluarkan AC. Letakkan tangan kamu di dekat ventilasi AC yang memberikan udara sejuk di dalam ruangan. Jika udara yang dipompa ventilasi AC tidak terasa terlalu dingin, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa freon AC perlu diisi ulang.

Deteksi kebocoran pada AC

Selain kedua langkah tersebut, kamu juga bisa cara cek freon AC dengan memeriksa apakah ada kebocoran pada AC. Cara memeriksa kebocoran pada AC bisa dilakukan dengan mendengar apakah ada suara mendesis yang keluar dari AC. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan detektor elektronik.

Bila ditemukan ada bagian AC yang bocor, kadar freon bisa berkurang sangat cepat sehingga membuat AC tidak mengeluarkan udara dingin lagi. Dalam kasus seperti ini, kamu perlu memanggil teknisi untuk mengatasi kebocoran tersebut, baru kemudian mengisi ulang freon.

 

Cek sambungan pipa pada unit indoor

Kondisi pipa besar dan pipa kecil pada unit indoor juga bisa menjadi penanda kondisi freon AC. Bila pipa masih berembun, maka keadaan freon kemungkinan besar baik-baik saja.

Namun, kadang freon juga bisa kotor. Kondisi ini bisa terlihat dari embun yang terdapat pada pipa. Jika hanya pipa besar yang berembun, sedangkan pipa kecil tidak berembun, kemungkinan aliran freon mengalami penyumbatan karena kondisi AC yang kotor.

Sebaliknya, jika hanya pipa kecil yang mengeluarkan embun, dan pipa besar tidak berembun, artinya kadar freon tinggal sedikit dan perlu segera ditambah.

 

Gunakan manifold

Cara cek freon AC yang terakhir adalah menggunakan Manifold, yaitu alat yang biasanya digunakan untuk mengosongkan dan mengisi refrigeran. Namun, alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengecek keadaan freon.

Cara menggunakan Manifold: pasangkan Naple Manifold warna biru pada pipa AC besar dan Naple Manifold merah pada pipa AC kecil. Pastikan keran Manifold dalam keadaan tertutup, lalu putar keran pada kedua Naple searah jarum jam. Setelahnya, skala ukur akan bekerja dan menunjukkan besar tekanan freon pada AC.

 

Cara mengetahui jenis freon AC di rumah

Bagi pemilik AC, selain memahami cara cek freon AC, ada baiknya juga mengetahui jenis freon pada AC yang digunakan. Dengan begitu, bila suatu hari AC tidak dingin dan kamu curiga penyebabnya adalah freon yang habis, kamu dapat terhindar dari kesalahan pengisian freon.

Lalu, bagaimana cara mengetahui jenis freon AC di rumah? kamu bisa mengikuti tips berikut ini.

 

Cek di nameplate unit

Nameplate ini biasanya ditempel di unit indoor dan unit outdoor. Di nameplate tersebut akan tertera jenis freon AC tersebut, seperti Refrigrant; R22, R410A atau R32. Jadi, kamu cukup cari nameplate unit dan melihat keterangan freon yang tertera di situ.

 

Cek di dus AC

Informasi jenis freon AC juga terdapat pada dus AC. Jadi, jangan buru-buru membuang dus AC setelah memasang AC baru. Sebaiknya, simpan dulu dus tersebut. Di dalam dus juga biasanya dilengkapi buku petunjuk penggunaan dan kartu garansi dari produsen AC yang kamu beli. Jika suatu saat kamu mencari informasi mengenai unit AC atau garansi, kamu tak akan bingung mencari informasinya.

 

Cek di situs web resmi produsen AC

Cara terakhir untuk mengetahui jenis freon AC adalah dengan mencari informasinya di situs web resmi produsen AC kamu. Biasanya situs web resmi menyediakan dokumentasi setiap produk yang mereka jual. Untuk tahu jenis freon AC kamu, cukup buka situs web produsen AC tersebut, lalu cari informasi yang sesuai dengan tipe dan model seri AC kamu.

 

Cara Mudah Menambah Freon AC

Kini kamu sudah mengetahui cara cek freon AC. Kamu juga bisa menambah sendiri freon AC, tapi harus melakukannya dengan hati-hati. Pengisian freon harus sesuai dengan prosedur yang berlaku. Freon tidak boleh sampai mencampuri udara karena berisiko membuat orang-orang di sekitarnya keracunan.

Bila kamu masih ragu karena belum pernah menambah freon AC sendiri, kamu dapat menghubungi teknisi untuk melakukannya. Tapi, bila kamu ingin mencoba sendiri cara menambah freon AC, pastikan kamu melakukannya secara cermat dan berhati-hati. Berikut panduan menambah freon AC yang dapat membantu kamu.



 

Pasang manifold ke kompresor

Lepas penutup pentil pada kompresor di unit outdoor. Lalu, pasang selang manifold ke kompresor yang sudah dibuka itu. Pastikan ukuran selang pas agar gas freon bisa masuk secara maksimal.

Jika freon yang kamu miliki berjenis R32 atau R410, gunakan sambungan ujung manifold. Pastikan juga ukuran pentil pada AC sama dengan jenis freon yang akan kamu gunakan. Selang yang berukuran lebih besar biasanya menggunakan freon R22. Pasang selang dengan tepat. Jika pemasangan tidak tepat, jarum tidak akan bergerak.

Lakukan pengisian secara perlahan

Buka katup manifold, dan perhatikan jarum manifold bergerak naik. Lakukan pengisian secara perlahan. Pada tekanan 30–40 psi, biasanya pipa AC akan mengeluarkan bunga es. Setelah tekanan melebihi 40 psi, bunga es akan hilang.

Sesuaikan tekanan AC dengan PK dan Ampere Kompresor

kamu perlu menyesuaikan tekanan freon yang akan diisi dengan PK atau ukuran AC. Jika AC berukuran ½ PK, isi hingga tekanan menyentuh 60–70 psi. Jika AC berukuran 1 PK, isi hingga freon mencapai tekanan 80–90 psi.

Kamu juga perlu memerhatikan Ampere pada kompresor. Jangan sampai Ampere melebihi batas karena dapat overload dan putus. Ikuti standar yang tertera di buku tutorial pengisian freon AC. Jika kamu mengisi freon R410 atau R32, maka kamu harus memvakumkan terlebih dulu.







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya