SOLOPOS.COM - Ilustrasi keluar dari grup WA. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Jika obrolan grup WhatsApp atau WA sudah tak lagi menyenangkan atau kamu sudah kebanyakan grup dan ingin keluar diam-diam, begini caranya.

Dengan adanya grup WA ini, pengguna bisa membuat atau bergabung di ruang percakapan yang berisi anggota tim dari berbagai kalangan. Misalnya alumni SD, alumni, SMP, alumni SMA, alumni kampus, warga RT, teman ngopi, bani/keluarga besar, hingga pendukung calon presiden.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kalau grup-grup tersebut sedang aktif berbarengan, pasti tak jarang kita pusing sendiri dengan ramainya pop-up notifikasi pesan yang muncul. Banyaknya grup juga bisa bikin baterai ponsel terkuras, ponsel jadi gampang lag, dan memakan memori yang begitu besar. Belum lagi ada obrolan yang kadang bikin tidak enak hati.

Kalau sudah begini, solusi terbaiknya memang keluar dari grup. Sayangnya, ini juga tidak mudah karena kadang kita sungkan untuk meninggalkan mereka.

Nah, buat kamu yang masih segan leave dari grup, ikuti trik-trik berikut ini biar tetap bisa keluar grup diam-diam alias tanpa ketahuan, dikutip dari Firstmedia.

 

Cara Keluar Diam-diam dari Grup WA

1. Ganti Nama dan Foto Profil

Cara ini paling ampuh apabila kamu mau leave dari grup besar atau tidak ada anggota dalam grup yang menyimpan nomor kamu.

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Klik titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih ‘Settings’
  • Klik profil akun kamu, kemudian ubah foto dan username secara random.

Dengan cara ini, maka kamu bisa leluasa keluar dari grup karena notifikasi di ruang obrolan yang muncul nantinya bukan menggunakan nama asli kamu.

2. Menggunakan Nomor Palsu

Selain ganti nama dan foto profil, cara yang satu ini memang agak ribet. Kamu harus memiliki satu nomor yang berbeda untuk digunakan sebagai ‘nomor palsu’.

  • Buka aplikasi WhatsApp, lalu klik ‘Settings/Pengaturan’
  • Pilih ‘Account’ kemudian ‘Change Number’
  • Ketik nomor yang baru tersebut
  • Tutup aplikasi WhatsApp, lalu buka menu ‘Apps’ di ponsel kamu
  • Pilih WhatsApp, lalu klik ‘Clear Data & Cache’ maka akun kamu akan tampil sebagaimana pertama kali digunakan dengan username yang tetap sama
  • Buka lagi aplikasi WhatsApp, dan registrasi ulang menggunakan nomor lama kamu.

 

Cara Lainnya

Kalau kamu tidak mau ada orang yang sembarangan menambahkan kamu ke dalam grup, kamu bisa mengaturnya sebagai berikut:

  • Buka WhatsApp, lalu pilih ‘Settings’
  • Pilih ‘Account’ dan ‘Privacy’
  • Setelah itu, klik pilihan ‘Groups’

Nantinya tersedia pilihan siapa saja yang boleh menambahkan kamu ke grup, seperti ‘Everyone’, ‘My Contacts’, atau ‘My Contacts Except.”

Demikian cara keluar diam-diam dari grup WA. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya