SOLOPOS.COM - Ilustrasi membuka aplikasi WhatsApp. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Cara membuat saluran WhatsApp banyak bikin penasaran publik mengingat fitur terbaru tersebut juga banyak digunakan oleh brand-brand ternama, instansi pemerintah, maupun swasta menggunakannya.

Fitur ini baru diperkenalkan secara resmi kepada pengguna WhatsApp pada Rabu (13/9/2023). Fitur baru tersebut hadir sebagai cara yang sederhana, terpercaya, dan privat bagi pengguna untuk menerima informasi penting dari individu dan organisasi secara langsung melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

“Kami percaya di WhatsApp bahwa saluran ini adalah cara yang lebih privat untuk menerima informasi dari saluran-saluran yang ingin kita ikuti, bisa organisasi, bisa individu karena ini dipisahkan dari privat chat,” ujar Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Esther Samboh dikutip dari Antara pada Kamis (14/9/2023).

Saluran WhatsaApp juga menjadi wadah bagi individu atau kelompok untuk membagikan informasi secara lebih luas dan mudah. Fungsi Channel sebagai wadah baru yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi terkini dari Saluran yang diikuti.

Lalu, bagaimana cara membuat Saluran WhatsApp atau WhatsApp Channel ini?

Mengutip informasi dari Harianjogja.com, berikut cara-caranya yang terdiri dari lima langkah.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di Ponsel dan klik tab “Pembaruan” Klik ikon “tanda Plus”
  2. Pada ikon “tanda Plus”, pilih “Saluran baru” dan klik “Mulai”
  3. Ikuti petunjuk di layar
  4. Tambahkan nama saluran untuk menyelesaikan proses pembuatan WhatsApp channel. Nama saluran dapat diubah kapan saja
  5. Sesuaikan saluran Anda dengan menambahkan deskripsi dan foto ikon Klik “Buat saluran”, dan selesai.

Sebagai admin saluran WhatsApp, nomor telepon dan foto profil pengguna tidak akan ditampilkan kepada pengikut. Selain itu, nomor telepon pengguna juga tidak akan dibagikan kepada admin atau pengikut lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya