SOLOPOS.COM - Ilustrasi menggunakan laptop. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Beriku ini cara memperkuat sinyal WiFi di laptop. Apakah kamu pernah mengalami masalah dengan sinyal WiFi yang lemah di laptop?

Jangan khawatir, banyak yang mengalami hal ini. Kecepatan WiFi yang lemah ini bisa disebabkan oleh sinyal dan bisa sangat menjengkelkan, terutama ketika kamu sedang bekerja atau sedang menggunakan internet untuk mengerjakan tugas.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Namun, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sinyal WiFi di laptop kamu. Beriku ini cara memperkuat sinyal WiFi di laptop, dikutip dari Firstmedia.

 

  1. Pindah Posisi Router

Hal pertama yang bisa kamu coba adalah mengubah posisi router WiFi. Pastikan router kamu ditempatkan di lokasi yang terbuka dan bebas dari hambatan seperti dinding tebal atau peralatan elektronik. Letakkan router di tengah-tengah ruangan untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas dan sinyal yang bisa lebih kuat.

 

  1. Perbarui Perangkat Router

Masalah sinyal WiFi yang lemah ini dapat diselesaikan dengan memperbarui perangkat lunak router. Masuk ke pengaturan router melalui browser dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia. Pembaruan ini dapat membantu meningkatkan kinerja router dan kualitas sinyalnya.

 

  1. Bisa Gunakan Antena Eksternal

Ada beberapa laptop yang dilengkapi dengan antena WiFi internal yang mungkin tidak sekuat antena eksternal. Pertimbangkan untuk menggunakan antena WiFi eksternal yang dapat dihubungkan ke port USB laptop kamu. Antena eksternal ini dapat memberikan penerimaan sinyal yang lebih baik.

 

  1. Matikan Aplikasi yang Tidak digunakan

Aplikasi yang menggunakan banyak bandwidth, seperti streaming video HD atau unduhan besar, dapat mempengaruhi kualitas sinyal WiFi. Tutup aplikasi-aplikasi ini saat kamu sedang tidak menggunakannya agar sinyal WiFi tidak terbagi oleh penggunaan berat bandwidth.

 

  1. Periksa Gangguan Elektronik Lainnya

Beberapa perangkat elektronik seperti microwave, telepon nirkabel, atau peralatan Bluetooth dapat menyebabkan interferensi pada sinyal WiFi. Pastikan router tidak ditempatkan terlalu dekat dengan perangkat-perangkat ini yang dapat mengganggu kualitas sinyal.

 

Demikian cara memperkuat sinyal WiFi di laptop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya