SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencurian HP atau ponsel.

Solopos.com, JAKARTA – Saat HP atau ponsel dicuri, pemilik sulit melakukan pelacakan karena HP keburu dimatikan oleh pencuri.

Oleh sebab itu, salah satu tantangan terbesar saat HP hilang adalah memastikan ponsel tersebut tetap menyala agar dapat dilacak. Pencuri biasanya akan langsung mematikan HP agar tidak bisa dilacak keberadaannya.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Terdapat beberapa cara untuk mencegah HP dimatikan sehingga memudahkan dalam melacak keberadaan HP lewat aplikasi.

Berikut adalah beberapa tips efektif untuk mencegah HP dimatikan saat hilang. Jika kamu memiliki HP Android Samsung, kamu bisa mengaktifkan fitur “Pengaturan Kunci Pengaman”.

Pertama, buka Pengaturan dan pilih opsi Kunci Layar. Setelah itu, klik “Pengaturan Kunci Pengaman” dan masukkan PIN. Setelah masuk, aktifkan opsi “Langsung kunci dengan tombol samping” dan “Kunci Jaringan dan Keamanan”.

Dengan mengaktifkan fitur keamanan ini, kamu dapat memastikan bahwa HP tidak akan bisa dimatikan dan diaktifkan mode pesawatnya.

Ponsel akan langsung meminta kode PIN ketika pencuri ingin mengutak-atik HP kamu. Setelah itu, penting untuk kamu mengaktifkan fitur pelacak HP. Sebagian besar ponsel pintar modern dilengkapi dengan fitur bawaan untuk melacak perangkat yang hilang.

  • Android: Google menyediakan layanan “Find My Device” yang dapat membantu kamu melacak lokasi ponsel. Pastikan fitur ini diaktifkan di pengaturan keamanan ponsel.
  • iPhone: Apple memiliki fitur “Find My iPhone” yang serupa. Pastikan fitur ini diaktifkan dan ponsel kamu terhubung dengan akun iCloud.

Berikut tips untuk mencegah dan mengantisipasi HP tidak bisa dilacak saat hilang atau dicuri.

  1. Gunakan Kunci Layar yang Kuat.

Menggunakan kunci layar yang kuat dapat memperlambat atau bahkan mencegah pencuri untuk mematikan HP kamu.

– Kunci layar: Pilih pola atau PIN yang kompleks dan sulit ditebak. – Sidik jari atau pengenalan wajah: Aktifkan fitur biometrik untuk keamanan tambahan.

  1. Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu kamu melacak dan mengamankan ponsel yang hilang. – Cerberus Anti Theft: Aplikasi ini memiliki fitur untuk mencegah ponsel dimatikan tanpa izin. – Prey Anti Theft: Selain melacak ponsel, aplikasi ini juga dapat mengunci perangkat dari jarak jauh dan mengirimkan notifikasi ketika kartu SIM diganti.

  1. Aktifkan Notifikasi Lokasi

Beberapa aplikasi dan layanan memungkinkan kamu menerima notifikasi ketika HP kamu bergerak atau ketika lokasi berubah secara signifikan. Fitur Family Locator bisa digunakan untuk temukan ponsel yang hilang atau dicuri.

– Google Maps: Anda dapat mengatur berbagi lokasi dengan kontak terpercaya yang akan menerima notifikasi jika ponsel kamu bergerak.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, kamu dapat meningkatkan peluang untuk menemukan ponsel yang hilang dan mencegah ponsel tersebut dimatikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selalu ingat untuk mengaktifkan fitur-fitur keamanan dan memanfaatkan teknologi yang tersedia demi keamanan HP.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “3 Langkah Cegah Smartphone Dimatikan Pencuri saat Hilang, Permudah Pelacakan!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya