SOLOPOS.COM - Ilustrasi HP lemot. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Berikut ini adalah cara mengtasi HP lemot untuk merek Oppo, Samsung, Xiaomi, dan Vivo.

HP yang lemot tentu terasa sangat mengganggu. Selain membuat kinerja menjadi lambat, juga menyebabkan pekerjaan yang berkaitan dengan HP terhambat.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Tapi tak perlu khawatir karena ternyata ada beberapa cara mengatasi HP lemot.  Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar penyebab HP lemot dan cara mengatasinya pada merek Oppo, Samsung, Xiaomi, dan Vivo.

Penyebab HP Lemot Handphone yang kinerjanya lambat bukan tanpa alasan. Lantas kenapa HP lemot?. Simak penjelasannya berikut ini untuk menjawab pertanyaan tersebut.

 

  1. Ruang Penyimpanan Terbatas

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan HP menjadi lemot yaitu kapasitas penyimpanan yang terbatas. Ketika ruang penyimpanan internal telah terisi penuh dengan file-file seperti foto, video, aplikasi, dan berbagai data lainnya, kinerja HP akan terpengaruh secara negatif.

  1. Kapasitas RAM yang Terbatas

Penyebab HP lemot yang lain adalah kapasitas RAM yang terbatas. Ketika pengguna membuka banyak program atau aplikasi secara bersamaan, RAM yang terbatas akan mengalami kelebihan beban, sehingga mempengaruhi kinerja dan responsivitas HP.

  1. Serangan Virus atau Malware

Virus atau malware merupakan ancaman serius bagi perangkat elektronik, termasuk HP. Infeksi virus atau malware dapat mengakibatkan HP berjalan dengan lambat dan tidak responsif. Biasanya, penyebab hp lemot satu ini virus atau malware dapat masuk ke perangkat melalui unduhan file atau program dari sumber yang tidak terpercaya, atau melalui akses yang tidak aman dari pihak ketiga.

 

Cara Mengatasi HP Lemot Oppo

Berikut beberapa cara membuat HP tidak lemot pada merek Oppo.

 

  1. Reset Ponsel

Jika ponsel Oppo Anda terasa lambat dan berat saat menggunakan aplikasi, salah satu cara mengatasi HP lemot ini yaitu dengan melakukan reset ponsel.

Dengan mereset ponsel Oppo, semua data akan dihapus dan perangkat akan kembali ke kondisi awal saat pembelian. Namun, sebelum melakukan reset, pastikan untuk memindahkan data penting ke perangkat lain.

  1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Ponsel yang terlalu banyak memiliki aplikasi yang tidak terpakai dapat menyebabkan keterbatasan memori penyimpanan dan mempengaruhi kinerja ponsel Oppo.

Maka dari itu, cara HP tidak lemot bisa dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi. Dengan mengurangi jumlah aplikasi yang terinstal, ponsel Oppo akan menjadi lebih responsif dan tidak lemot.

  1. Membersihkan Cache

Cara mengatasi HP lemot berikutnya dengan bersihkan cache. Cache adalah data sementara yang disimpan dalam memori ponsel untuk mempercepat waktu respon aplikasi. Namun, jika cache menumpuk terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan ponsel menjadi lemot.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat secara rutin menghapus cache saat menggunakan ponsel Oppo. Misalnya, membersihkan cache foto, musik, pesan, video, dan aplikasi yang tidak lagi digunakan. Dengan membersihkan cache secara teratur, ponsel Oppo akan tetap berjalan dengan lancar dan tidak lemot.

 

Cara Mengatasi HP Lemot Samsung

Tak hanya Oppo, HP Samsung juga seringkali lemot. Berikut ini cara mengatasi HP lemot.

  1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Sering Digunakan

Seringkali pengguna ponsel Samsung cenderung mengunduh berbagai aplikasi gratis yang terlihat menarik, meskipun sebenarnya jarang digunakan. Hal ini dapat menghabiskan ruang penyimpanan dan mempengaruhi kinerja HP.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan. Dengan mengurangi jumlah aplikasi yang terinstal, salah satu cara mengatasi HP lemot ini akan buat kinerja HP Samsung akan menjadi lebih ringan karena kapasitas RAM akan meningkat.

  1. Membersihkan Cache

Setiap kali menggunakan aplikasi, cache akan terbentuk dan menumpuk dalam ponsel. Cache yang menumpuk dapat menjadi sampah yang memperlambat kinerja ponsel. Untuk mengatasinya, secara rutin bersihkan cache. Caranya, masuk ke menu Pengaturan, pilih Penyimpanan, lalu hapus cache.

  1. Melakukan Pengaturan Ulang Pabrik (Factory Reset)

Jika semua upaya di atas tidak berhasil mengatasi HP Samsung yang lemot dan panas, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah melakukan pengaturan ulang pabrik (factory reset). Namun, sebelum melakukannya, pastikan untuk melakukan pencadangan (backup) semua data penting yang tersimpan di dalam ponsel. Factory reset akan menghapus semua data yang ada di ponsel dan mengembalikan ke pengaturan awal. Metode ini dianggap sebagai solusi yang efektif untuk meningkatkan kinerja ponsel yang lemot.

 



Cara Mengatasi HP Lemot Xiaomi

Bagi Anda pengguna Xiaomi dan merasa ponsel Anda berjalan lambat, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Menutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Saat menggunakan aplikasi, penting untuk mempertimbangkan apakah ponsel Xiaomi Anda mampu menjalankannya dengan lancar. Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga memerlukan kapasitas RAM untuk beroperasi. Semakin banyak aplikasi yang terbuka, semakin banyak pula penggunaan RAM. Mengurangi penggunaan multitasking adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah ini.

  1. Menghapus File yang Tidak Dibutuhkan

Jika Anda sering menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp, kemungkinan besar Anda akan menerima berbagai jenis file seperti gambar, stiker, video, audio, dan dokumen. Semakin banyak kiriman yang diterima, memori internal ponsel Xiaomi akan cepat penuh. Hal ini dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi lemot. Oleh karena itu, penting untuk mengosongkan memori internal dengan menghapus file-file yang tidak dibutuhkan.

  1. Membersihkan File Sampah

Sistem Android dan aplikasi yang terinstal seringkali menghasilkan file sementara yang disimpan di memori internal ponsel. File-file sementara seperti basis data, cache, dan cookies sebenarnya membantu dalam mempercepat kinerja aplikasi dan membuka halaman web dengan lebih cepat.

Namun, jika file-file sementara menumpuk terlalu banyak, memori internal akan penuh dan membuat ponsel Xiaomi menjadi lemot dan lag.

Terkadang, penumpukan file sementara juga dapat menyebabkan aplikasi mengalami kesalahan dan terpaksa ditutup secara paksa. Cara mengatasi HP lemot satu ini, sebaiknya secara berkala membersihkan file-file sementara tersebut.

 

Cara Mengatasi HP Lemot Vivo

Berikut ini cara mengatasi HP lemot di Vivo.

  1. Membersihkan File Sementara

Cara agar HP tidak lemot yang pertama adalah membersihkan file cache dan file sementara pada ponsel Vivo Anda. Hal ini bertujuan untuk menjaga kinerja ponsel Vivo tetap optimal dan stabil. Anda dapat membersihkan cache secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih yang tersedia. Tidak perlu melakukan pembersihan cache setiap hari, namun lakukan secara berkala, misalnya setiap dua minggu atau sebulan sekali.

  1. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Selanjutnya, hapus aplikasi atau game yang tidak lagi Anda gunakan. Hal ini penting untuk membebaskan ruang penyimpanan pada ponsel Vivo Anda. Tidak perlu menyimpan aplikasi atau game yang jarang atau tidak pernah digunakan, terutama jika ukurannya cukup besar. Sebaiknya sisakan setidaknya 20% ruang penyimpanan dari total kapasitas memori yang tersedia.

  1. Melakukan Pembaruan Sistem dan Aplikasi

Cara mengatasi hp lemot Lakukan pembaruan sistem dan aplikasi yang terinstal pada ponsel Vivo Anda. Pembaruan sistem dan aplikasi umumnya membawa perbaikan bug, peningkatan performa, fitur baru, perbaikan keamanan, dan peningkatan pengalaman pengguna.

Pada ponsel Vivo, terdapat dua jenis pembaruan sistem, yaitu Funtouch OS (sistem operasi bawaan Vivo) dan upgrade OS (misalnya dari Android 10 ke Android 11). Jika ada pembaruan yang tersedia, sebaiknya lakukan pembaruan untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas ponsel Vivo Anda.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Penyebab dan Cara Mengatasi HP Lemot di Berbagai Merek”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya