SOLOPOS.COM - Apple iPhone 14 (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Storage atau ruang penyimpanan yang  dimiliki oleh setiap HP atau ponsel berbeda-beda dan terbatas. Alih-alih membeli gadget baru, kamu bisa mengatasi masalah ruang penyimpanan data dengan fungsi Offload App untuk pengguna iPhone.

Fungsi ini memungkinkan pengguna iPhone untuk menghapus aplikasi secara sementara, namun tetap masih bisa menyimpan data, pengaturan dan dokumen yang dimiliki aplikasi tersebut. Hal ini memungkinkan data-data tersebut dapat dipulihkan kembali ketika aplikasi diinstal kembali. Mari cara tahu lebih lanjut mengenai fungsi Offload App di iPhone.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

 

Apa itu Offload App?

Dikutip Solopos.com dari laman Firstmedia, Offload App adalah fitur yang disediakan oleh sistem operasi iOS di iPhone. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan atau memakan banyak ruang penyimpanan, sementara data pengaturan dan dokumen aplikasi tetap dipertahankan.

Ketika aplikasi tersebut diinstal kembali, data-data tersebut akan dipulihkan sehingga pengguna dapat melanjutkan menggunakan aplikasi tersebut seperti sebelumnya.

 

Cara Menggunakan Offload App

Offload App sangatlah mudah dilakukan untuk setiap aplikasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fungsi Offload App di iPhone:

 

Buka “Pengaturan” di iPhone.

  • Scroll ke bawah dan temukan opsi Umum. Ketuk untuk membukanya.
  • Pilih Penyimpanan iPhone atau Penyimpanan & iCloud Usage tergantung pada versi iOS yang kamu gunakan.
  • Pada layar iPhone, akan muncul daftar aplikasi yang terinstal. Pilih aplikasi yang ingin kamu offload.
  • Pada halaman detail aplikasi, terdapat opsi Offload App atau Hapus Aplikasi. Pilihlah opsi tersebut.
  • Konfirmasi dengan memilih Offload App di pop-up yang muncul.

 

Manfaat Menggunakan Offload App

Fitur Offload App ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

 

1. Menghemat Ruang Penyimpanan

Menghapus aplikasi sementara melalui Offload App, dapat mengosongkan ruang penyimpanan di iPhone. Data pengaturan dan dokumen akan tetap ada, sehingga ketika kamu memasang ulang aplikasi tersebut, kamu tidak perlu mengunduh atau mengatur ulang aplikasi dari awal.

Tentunya ini sangat berguna bagi kamu untuk menghemat storage dengan melakukan Offload App aplikasi-aplikasi yang jarang kamu gunakan.

 

2. Mempertahankan Data Pengaturan

Fungsi “Offload App” memungkinkan kamu untuk menyimpan data pengaturan aplikasi, seperti preferensi, login, dan pengaturan pribadi lainnya. Ketika kamu meng-install ulang aplikasi, data tersebut akan dipulihkan, sehingga kamu dapat melanjutkan penggunaan tanpa perlu mengatur ulang semua pengaturan.

 

3. Mengurangi Penggunaan Data Seluler

Menghapus aplikasi yang jarang digunakan secara sementara dapat mengurangi penggunaan data seluler. Ketika aplikasi terhapus, pembaruan dan sinkronisasi latar belakang yang memerlukan akses internet akan dihentikan, sehingga tidak ada data yang terbuang sia-sia.

 

4. Mempercepat Kinerja

Jika iPhone yang kamu punya memiliki ruang penyimpanan yang terbatas, menyimpan terlalu banyak aplikasi dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Dengan menggunakan Offload App untuk menghapus aplikasi yang jarang digunakan, kamu dapat meningkatkan kinerja iPhone kamu secara keseluruhan.

Walau demikian, ada hal yang perlu kamu ingat ketika ingin melakukan Offload App. Data-data tersebut akan dipulihkan kembali ketika di-install ulang. Oleh karena itu, jika kamu ingin menghapus seluruh data termasuk pengaturan, pilihkan opsi Delete App atau Hapus Aplikasi.

Fungsi “Offload App” di iPhone memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengelola ruang penyimpanan dan mempertahankan data pengaturan aplikasi. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan, meningkatkan kinerja perangkat, dan mengurangi penggunaan data seluler. Jika kamu sering mengalami masalah ruang penyimpanan yang terbatas pada iPhone, cobalah gunakan fungsi Offload App.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya