SOLOPOS.COM - Logo Whatsapp (Ubergizmo)

Solopos.com, SOLO – Berikut ini beberapa cara menghapus atau menghilangkan saluran atau channel di WhatsApp atau WA.

Kehadiran WhatsApp Channel merupakan terobosan terbaru dari WhatsApp untuk memudahkan pengguna mendapatkan informasi yang kredibel.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Begitupun sebaliknya, pemilik saluran juga dapat meningkatkan efisiensi dalam menyebarkan berita secara cepat dan massal. Akan tetapi, adanya fitur baru tersebut, juga berdampak pada tampilan Status di WhatsApp yang ikut berubah.

Perlu diketahui, sejak adanya fitur WhatsApp Channel, tab “Status” yang biasa digunakan untuk melihat daftar status di kontak WhatsApp telah berganti menjadi tab “Updates” atau “Pembaruan”. Pada tab itulah pengguna bisa melihat daftar status kontak sekaligus berita dari akun saluran yang mereka ikuti.

Seperti dikutip dari laman Teknologi.id, semakin banyak saluran yang diikuti, semakin banyak pula informasi yang didapatkan. Untuk itu, pengguna WhatsApp juga harus tahu cara menghilangkan saluran-saluran tersebut sebelum nantinya dirasa mengganggu. Entah terlalu menumpuk karena banyaknya saluran yang diikuti atau mengganggu tampilan daftar status WhatsApp pengguna.

 

Cara Menghapus Saluran (Channels) di WhatsApp:

 

  • Tekan tab pembaruan di WhatsApp.
  • Kemudian, jika telah mengikuti (follow) akun channel WhatsApp, akan muncul daftar channel yang diikuti di bawah daftar status.
  • Selanjutnya, klik salah satu akun saluran yang hendak dihapus dan buka ruang percakapan akun tersebut.
  • Lalu, pada ruang percakapan itu, tekan tombol titik tiga kemudian pilih opsi “Batal Mengikuti” atau “Unfollow”.
  • Setelahnya, akun saluran akan terhapus dari daftar saluran. Pengguna WhatsApp juga tidak akan mendapatkan kiriman informasi nantinya dari akun tersebut.

Dengan dihapusnya akun saluran maka berkurang juga pesan yang masuk di WhatsApp. Jika akun saluran yang diikuti sebelumnya banyak, maka penghapusan akun saluran juga dapat mengurangi penumpukan daftar saluran yang ada di tampilan tab pembaruan. Dengan begitu juga, tab pembaruan dapat terlihat lebih rapi.

Apabila telah memahami cara penghapusan akun saluran, pengguna WhatsApp dapat dengan mudah berhenti menerima informasi dari akun saluran yang tidak tertarik lagi untuk mereka.

Adapun yang perlu diketahui, pada fitur WhatsApp Channels, akun saluran yang diikuti tidak memunculkan notifikasi pesan tanpa seizin pengguna. Hal ini menunjukkan jika fitur WhatsApp Channels sejatinya diciptakan untuk tidak mengganggu pengguna, hanya saja, bagi sebagian pengguna, tampilan yang menumpuk juga bisa mempengaruhi kenyaman pengguna.

Kendati demikian, jika anda sebagai pengguna WhatsApp hendak memutuskan untuk mengikuti kembali akun saluran yang sudah dihapus, tidak perlu khawatir jika tidak bisa mendapatkan informasi kembali dari akun tersebut.

 

Cara Menambahkan Saluran di WhatsApp:

 

  • Tekan tab pembaruan di WhatsApp.
  • Kemudian scroll hingga menemukan menu “Saluran” atau Channels”.
  • Lalu, pengguna diberikan rekomendasi akun saluran yang dapat diikuti. Selain itu, pengguna juga bisa mencari sendiri akun saluran yang hendak diikuti sesuai keinginan dengan menekan tombol tambah (plus) atau opsi “Cari Saluran”.
  • Pada menu “Cari Saluran”, pengguna dapat menemukan akun saluran berdasarkan kategori. Mulai dari yang paling aktif, populer, berita, hingga mengubah lokasi wilayah akun saluran. Pengguna juga dapat melakukan pencarian akun dengan mengetik namanya secara langsung.
  • Selanjutnya, jika sudah ditemukan akun yang hendak diikuti atau ditambahkan kembali, pengguna cukup menekan tombol tambah (plus) yang terdapat di samping kanan akun atau klik akun saluran dan tekan tombol “Ikuti” yang ada di dalam ruang percakapan.

 

Sementara itu, ada juga cara lain untuk menghilangkan saluran di Whatsapp. Dikutip dari YouTube BKD Tutorials, cara menghilangkan saluran di WhatsApp dilakukan dengan cara men-downgrade versi WhatsApp itu sendiri.

 

Caranya adalah sebagai berikut

  1. Sebelum melakukan downgrade ke WhatsApp versi sebelumnya, pastikan kita membackup atau mencadangkan data WA agar tetap aman. Langkahnya Masuk ke setelan, pilih Chat, piluh Cadangan chat, scroll atau gulir ke bawah, pastikan “Sertakan Video” diaktifkan media di WA tetap aman. Lalu pilih Cadangkan (ke HP) tunggu prosesnya.
  2. Kemudian keluar dan masuk ke Penyimpanan File, pilih Android, pilih Media, klik com.whatsapp nanti muncul folder Whatsapp. Ini adalah file yang sudah dicadangkan. Salinlah folder Whatsapp tersebut ke tempat lain, misalnya ke Penyimpanan File.
  3. Keluar dan uninstall WA.
  4. Lalu unduh lagi WA versi sebelum yang sekarang, melalui di apkpure.com.
  5. Lalu kembali ke Penyimpanan File untuk mengambil dan memindahkan file cadangan yang tadi. Pilih Pindahkan lalu pilih folder Android, Media, com.whatsapp.
  6. Kembali ke WA yang sudah diinstal, ikuti instruksi hingga selesai.
  7. Sekarang saluran di WhatsApp sudah tidak ada lagi

Demikian beberapa cara menghilangkan saluran di Whatsapp.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya