SOLOPOS.COM - Ilustrasi foto jadul. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Berkat teknologi, kini foto jadul alias foto lawasa atau zaman dahulu yang kusam bisa disulap menjadi jernih kembali.

Untuk melakukannya, kamu cukup menggunakan beberapa tools dalam aplikasi yang bisa kamu akses dengan mudah. Di antaranya adalah seperti di bawah ini, dikutip dari laman Firstmedia.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

 

1. Remini

Pasti nama aplikasi ini sudah tidak asing bagi kamu, karena popularitasnya yang tinggi. Remini merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk memperbaiki foto-foto yang terlihat buram atau tidak jelas, dan dapat diunduh baik di Android maupun iOS. Penggunaannya sangat mudah bagi siapa pun. Tidak hanya itu, aplikasi ini mampu meningkatkan kualitas foto lama yang memiliki resolusi rendah, rusak, atau terkompresi, serta menangani berbagai masalah lainnya.

 

2. Google PhotoScan

Google PhotoScan, sebuah aplikasi gratis yang mudah digunakan oleh siapa pun, membutuhkan waktu untuk memindai foto-foto secara individual dengan proses yang memerlukan pengambilan beberapa gambar dan kemudian disatukan untuk mencapai kualitas yang optimal.

Untuk meningkatkan kualitas foto, beberapa tips yang berguna adalah dengan menghindari smartphone yang miring saat memindai, meletakkan foto di permukaan yang rata dengan latar belakang yang kontrasnya beda, dan memindahkan lokasi pemindaian ke tempat dengan pencahayaan yang minim untuk mengurangi bayangan yang terbentuk. Jika foto berada di dalam bingkai kaca, menggunakan lampu kilat juga bisa membantu mengurangi bayangan yang muncul.

 

3. Picture App Scan

Lalu ada Picture Scan App by Photomyne tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto secara kolektif, kemudian secara otomatis memproses gambar-gambar tersebut. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur editing yang memungkinkan pengguna untuk memotong gambar (crop), menerapkan filter, atau mengubah foto menjadi hitam-putih. Setelah pengeditan, foto dapat disimpan di perangkat smartphone pengguna.

 

4. Microsoft Lens

Microsoft Lens sering dipakai untuk mengambil dokumen, kartu nama, serta catatan tulisan tangan. Penggunaannya gratis dan simpel karena tidak hanya untuk menangani masalah foto, tapi juga untuk memastikan foto-foto tidak kabur atau terhapus. Prosesnya cukup dengan memindai foto satu per satu. Selain itu, kamu bisa memindai sejumlah besar foto dan menyimpannya dalam format PDF yang akan otomatis tersimpan di OneDrive.

 

Demikian beberapa aplikasi untuk menjadikan foto jadul yang kusam menjadi jernih kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya